androidvodic.com

Kejar Target Produksi, CEO Hulu Migas Tandatangani Bali Commitment - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, BALI - Manajemen SKK Migas dan para CEO Kontraktor Kontak Kerja Sama (Kontraktor KKS) menandatangani kesepakatan bersama untuk mencapai target produksi 1 juta BOPD minyak dan 12 BSCFD gas pada 2030 melalui Bali Commitment.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan, komitmen tersebut akan menjadi panduan kedua belah pihak dalam melaksanakan pekerjaan harian.

"SKK Migas dan Kontraktor KKS telah menyiapkan dan menandatangani Bali Commitment, yang diharapkan akan menjadi panduan kami dalam melaksanakan pekerjaan setiap harinya," ujar Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto usai acara, dikutip Jumat (22/9/2023).

Baca juga: SKK Migas Targetkan Penerbitan Skema Kontak Bagi Hasil Rampung Akhir Tahun Ini

Bali Commitment berisi deklarasi komitmen para CEO Kontraktor KKS untuk melakukan upaya-upaya jangka pendek untuk mempersempit kesenjangan produksi 2023 terhadap target APBN 2023.

Serta, terhadap target produksi minyak dan gas di tahun 2030 dengan melakukan kegiatan-kegiatan usaha hulu migas secara massif, agresif dan efisien.

Para CEO tersebut juga berkomitmen menyiapkan program kerja dan anggaran atau Work Program and Budget (WP&B) tahun 2024 secara massif, agresif dan efisien sesuai dengan komitmen-komitmen kepada pemerintah dan target 2030.

"Semua ini tentunya juga dibarengi dengan komitmen untuk memastikan kegiatan operasi dilaksanakan dengan menerapkan standard keselamatan, kesehatan kerja dan lindungan lingkungan," ujar Dwi.

Di sisi lain, Bali Commitment tidak hanya berisi komitmen para CEO Kontraktor KKS, tetapi juga berisi deklarasi komitmen manajemen SKK Migas meliputi percepatan proses-proses persetujuan yang kewenangannya berada di SKK Migas, mengupayakan percepatan perolehan perizinan.

Kemudian, memediasi dan mempercepat proses pembebasan lahan dan merekomendasikan persetujuan untuk mendapat stimulus yang diperlukan guna mendukung keekonomian proyek Kontraktor KKS.

Dwi Soetjipto menambahkan, Bali Komitmen mendorong para Kontraktor KKS untuk melakukan kegiatan yang agresif dan masif.

Baca juga: SKK Migas Luncurkan E-Commerce Industri Hulu Migas

Saat menyampaikan sambutan pada pembukaan ICIUOG 2023 sehari sebelumnya, Dwi mengatakan bahwa target 2030 hanya bisa bisa dicapai melalui aktivitas yang agresif dan investasi yang masif.

"Kita perlu mengebor lebih dari 1.000 sumur per tahun setelah 2025. Kita juga perlu menarik investasi lebih dari 20 miliar dolar AS per tahun," ujar Dwi.

SKK Migas dan industri hulu migas pada tahun 2020 telah meluncurkan Indonesian Oil and Gas 4.0 (IOG 4.0) yang merupakan rencana strategis untuk mencapai target 2030.

Forum ICIUOG merupakan forum tahunan yang melibatkan lintas pemangku kepentingan untuk membahas pencapaian dan penyempurnaan rencana strategis tersebut. Di tahun ke empat perhelatannya, ICIUOG berhasil mendatangkan sekitar 3.000 peserta dari 17 negara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat