androidvodic.com

Presiden Minta Ada Groundbreaking Proyek Baru Setiap Bulan di IKN, Hotel Kedua Dibangun Bulan Depan - News

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar ada groundbreaking (peletakan batu pertama) proyek baru setiap bulan di Ibukota Nusantara (IKN). Dia berharap kebijakan ini akan mendorong percepatan pembangunan IKN Nusantara.

Permintaan tersebut disampaikan Jokowi ketika ia menghadiri groundbreaking Hotel Vasanta di IKN Nusantara, Kalimantan Timur, Sabtu (23/9/2023).

"Setiap bulan. Saya sudah minta kemarin kepada Kepala Otorita setiap bulan harus ada groundbreaking berikutnya," katanya.

Dia memastikan dirinya telah dijadwalkan hadir setiap bulan di IKN Nusantara demi melaksanakan peletakan batu pertama secara rutin. "Setiap bulan saya akan ke sini dan jadwalnya sudah disusun kepala otorita," ujar Jokowi.

Hotel Vasanta menjadi hotel kedua yang resmi dilakukan pembangunannya di IKN. Sehari sebelumnya, Jokowi juga melakukan groundbreaking pembangunan Hotel Nusantara dari Konsorsium Nusantara bersama dengan Agung Sedayu Group yang dikelola Aguan Cs.

Jokowi menegaskan, pembangunan di IKN membutuhkan kerja sama dari berbagai pihak. Utamanya pengusaha dalam negeri maupun global.

"Kita hanya ingin menyampaikan kepada dunia usaha bahwa pembangunan di Ibu Kota Nusantara ini tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja, tetapi dunia usaha juga sudah masuk," katanya.

Dia menyampaikan apresiasi kepada para investor yang telah berinvestasi di Ibukota pengganti Jakarta tersebut. Ia mengklaim investasi tersebut pasti tak akan sia-sia.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada para investor yang telah menanamkan modalnya. Saya rasa mereka menanamkan modalnya di sini sudah melalui kalkulasi yang matang karena ini bukan investasi sia-sia, pasti mereka mau untung," jelasnya.

Baca juga: Presiden Jokowi Groundbreaking Rumah Sakit Pertama di IKN dengan Investasi Rp 2 Triliun

Dia juga meyakini para investor yang telah berkomitmen ini juga tentu telah melakukan kalkulasi bisnis dengan sangat baik.

Menurut Jokowi, peletakan batu pertama yang dilakukan dalam beberapa hari terakhir di IKN akan memicu para investor lain untuk membangun IKN. Taman safari di kawasan IKN menjadi proyek yang akan dibangun selanjutnya.

"Kita harapkan ini akan menjadi motor percepatan pembangunan ibu kota Nusantara dengan semakin banyaknya dibangun hotel, rumah sakit, universitas, mal. Tadi malam juga kita bicara untuk taman safari dan lain-lain akan segera dimulai di Ibu Kota Nusantara," imbuh Jokowi.

Baca juga: Mulai Dibangun Bulan Depan, Bandara VVIP IKN Nusantara Ditargetkan Rampung pada Juli 2024

Jokowi berada di IKN sejak 21 September untuk melakukan serangkaian kegiatan. Salah satunya adalah peletakan bilah pertama Istana Garuda, peresmian pembangunan pusat pelatihan tim nasional, peresmian pembangunan Pusat Persemaian Mentawir hingga peletakan batu pertama RS Abdi Waluyo.

Percepatan pembangunan ini juga bersamaan dengan pengucuran dana Rp20 triliun dari pengusaha-pengusaha Indonesia. Kesepuluh taipan itu adalah konsorsium

nusantara pimpinan Bos Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma alias Aguan. Salah satu buah investasi mereka yang sudah diresmikan Jokowi adalah Hotel Nusantara IKN.

Selain Aguan ada Salim Group, Sinarmas Group, Barito Pacific, Mulia Group, Pulau Intan, Adaro, Kawan Lama Group dan Alfamart Group.(tribun network/riz/dod)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat