androidvodic.com

Hari Statistik Nasional 2023, Momen Penting Peran Statistik Wujudkan Indonesia Maju - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) kembali memperingati Hari Statistik Nasional (HSN) 2023 dengan apel di Halaman Gedung Kantor BPS, Jakarta Pusat, Selasa (26/9/2023).

Sekretaris Utama BPS Atqo Mardiyanto, menyampaikan Hari Statistik Nasional tahun 2023 merupakan elemen penting dari sejarah panjang perjalanan statistik nasional, yang ditandai dengan terbitnya Undang-undang Nomor 7 tahun 1960 tentang statistik.

"Undang-undang ini merupakan titik awal perjalanan bangsa Indonesia dalam mengisi kemerdekaan di bidang statistik, yang sebelumnya diatur berdasarkan sistem perundang-undangan kolonial. HSN bukanlah momen perayaan milik BPS saja, namun merupakan hari penting dan bersejarah bagi seluruh bangsa Indonesia," tutur Atqo Mardiyanto saat memimpin upacara, Selasa (26/9/2023).

Setiap tahunnya, HSN menjadi momentum untuk memaknai pentingnya peran statistik bagi pembangunan bangsa dan tahun ini peringatan HSN kembali digelar usai vakum selama 3 tahun selama pandemi.

HSN 2023 mengambil tema "Statistik Berkualitas Untuk Indonesia Maju". Tema ini dipilih untuk menunjukkan pentingnya peran statistik dalam mewujudkan Indonesia Maju menyongsong Indonesia Emas 2045.

"Momen penting Ini menjadi tumpuan kita untuk menjadi bangsa yang kuat dan memiliki peran penting di kancah Internasional. Kita pun dapat menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia dan statistik menjadi bagian penting dalam langkah perjuangan ini," terang Atqo Mardiyanto.

Peringatan HSN 2023 dilakukan dengan apel sekaligus upaya untuk introspeksi semua insan statistik, sehingga bisa berkinerja lebih tinggi untuk menghasilkan data yang lebih berkualitas.

"Karena data dari hasil BPS ini kan data official statistik yang akan digunakan oleh berbagai stakeholder, terutama pemerintah untuk program-program pembangunan yang ada," ujarnya.

Peran BPS saat ini semakin luas di tingkat internasional antara lain dengan ditunjuknya Kepala BPS sebagai Chair for ASEAN Statistical Advisory Board Tahun 2023. BPS juga dipercaya sebagai tuan rumah dari empat kegiatan ASEAN di bidang statistik.

BPS juga menjadi co-Chair bersama National Bureau of Statistics of China dalam Forum Statistik China-ASEAN kesembilan.

Selain itu, BPS sebagai leading country dalam pengembangan dan implementasi big data, seperti melalui pembangunan UN Regional Hub on Big Data and Data Science in Indonesia yang mencakup kawasan Asia Pasifik.

HSN merupakan momentum untuk meningkatkan literasi dan edukasi mengenai pentingnya statistik kepada masyarakat luas.

Banyak Capaian yang telah dilakukan BPS, antara lain pembinaan statistik sektoral pada Kementerian/lembaga melalui EPSS (Evaluasi Pembangunan Statistik Sektoral), pembinaan statistik sektoral di tingkat desa/kelurahan nagari melalui program Desa Cantik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat