androidvodic.com

Kemenperin Ungkap Penyebab IKI Turun Selama Tiga Bulan Berturut-turut - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Indeks Kepercayaan Industri (IKI) selama tiga bulan, tepatnya sejak Juli-September 2023 mengalami kontraksi berturut-turut.

IKI) bulan September 2023 berada di basis poin 52,51, turun 0,71 poin, dibandingkan Agustus yang berada pada angka 53,22 poin.

Juru Bicara Kementerian Perindustrian Febri Hendri Antoni Arif, mengatakan kontraksinya IKI selama tiga bulan terjadi akibat kondisi pasar global yang masih belum stabil di beberapa wilayah.

Baca juga: Pelaku Industri Kreatif Resah Terkait Rencana Larangan Iklan dan Promosi Rokok

"Memang IKI turun tiga bulan berturut-turut, tetapi masih pada level di atas 50 atau masih ekspansi.

Jadi kita tidak usah khawatir sejauh ini manufaktur Indonesia bergerak cepat dibanding negera lain. Turun ini karena pasar global," tutur Febri dalam konferensi pers Rilis Indeks Kepercayaan Industri, Kementerian Perindustrian, Jakarta, Jumat (29/9/2023).

Harga beberapa komoditas, seperti CPO, nikel hingga logam mulia yang mengalami penurunan juga berpengaruh pada kinerja industri dalam negeri.

"Harga komoditas turun, seperti CPO, nikel dan logam mulia. Penurunan itu menyebabkan order dari beberapa subsektor jadi turun. Misalnya kita lihat subsektor industri makanan, dari Agustus IKI-nya di atas 61. September ini turun ke 60,2, tapi masih jauh di atas 50. Turunnya itu karena harga CPO yang cenderung melandai. Itu disebabkan karena pasar global," jelas Febri.

Dari 23 subsektor manufaktur yang ada, sebanyak 17 subsektor mengalami ekspansi, sementara 6 lainnya mengalami kontraksi. Kontraksi masih terus terjadi di industri tekstil.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat