androidvodic.com

Menko Luhut: Indonesia dan China akan Kerja Sama Bikin Mobil Listrik - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, pemerintah Indonesia berencana akan membuat mobil listrik melalui kerja sama dengan China.

Luhut bilang, investasi oleh perusahaan China itu bakal dilakukan dalam waktu dekat. Namun dia enggan menjelaskan secara rinci perihal skema kerja sama yang disepakati.

"Kita (pemerintah) akan tanda tangan kerja sama dengan satu perusahaan yang nomor tiga terbesar di Tiongkok untuk menginvestasikan EV Indonesia," ujar Luhut dalam acara Hub Space 2023 yang digelar di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (29/9/2023).

Baca juga: Nissan Hanya Akan Jual Mobil Listrik di Eropa Pada 2030

Dikatakan Luhut, kerja sama pembangunan mobil listrik di Indonesia itu sejalan dengan pengembangan transportasi yang ramah lingkungan.

"Saya sudah minta sama mereka untuk mereka juga bisa join dengan pemerintah Indonesia atau Premier sektor Indonesia untuk membuat mobil listrik," ungkapnya.

Dia mengaku, pemerintah juga telah membentuk tim yang berisikan para akademisi dari Universitas Indonesia (UI) maupun Universitas Gajah Mada (UGM).

"Saya kira kita akan ikut itu untuk menyiapkan kerjasama dalam research, dan kemudian kita bisa nanti melakukan produksi dari sini untuk bisa mobil di Indonesia keluarkan mobil listrik," jelasnya.

Di sisi lain, Luhut menyatakan bahwa tranportasi sendiri menjadi menyumbang polusi udara terbesar selain Pembangkit listrik Tenaga Uap (PLTU). Untuk itu, dia mendorong pembuatan transportasi ramah lingkungan melalui kerja sama tersebut.

"Transportasi ini menjadi sangat penting karena masalah polusi adalah paling besar sumbernya adalah transportasi di samping PLTU dan sebagainya," ungkap dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat