androidvodic.com

Kursi Kereta Api Ekonomi New Generation Nggak Bikin Pegal, Ini Rincian Ubahannya - News

Laporan Wartawan News, Dennis Destryawan

News, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero resmi meluncurkan Kereta Api Ekonomi New Generation. Desain kursi penumpang di kereta ini diklaim tak lagi buat punggung penumpang pegal lantaran bisa dimiringkan hingga 115 derajat.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menjelaskan, Kereta Api Ekonomi New Generation dilengkapi dengan beragam fasilitas terkini yang akan semakin meningkatkan kenyamanan kereta kelas ekonomi. Kereta hasil modifikasi di Balai Yasa Manggarai. Kini sudah ada 12 kereta ekonomi yang berhasil dimodifikasi.

"Kereta Api ini merupakan hasil modifikasi dari Kereta Api ekonomi sebelumnya," ujar Joni Martinus saat dikonfirmasi wartawan, Senin (2/10/2023).

Ia menjabarkan sejumlah perubahan. Di antaranya, kursi pada Kereta Api ekonomi sebelumnya bersandar tegak lurus sehingga memungkinkan penumpang pegal dan capek jika berjalan jauh, misal dari Jakarta ke Surabaya.

Selain itu, kursi penumpang saling berhadapan, sehingga ada yang tidak nyaman. Bahkan antar dengkul sering berbenturan. Ketika penumpang duduk berjejer satu sama lain tidak ada pembatas. Lalu, jika ada yang tertidur oleng ke kanan-kiri sehingga bersentuhan.

"Di Kereta Api New Generation ini, itu sudah kita hilangkan. Kita memodifikasi Kereta Api Ekonomi lama. Misalnya tempat duduk sekarang sudah tidak lagi tegak lurus. Bisa kemiringan 115 derajat," ucap Joni.

Lalu, ucap Joni penumpang bisa leluasa memutar tempat duduk sesuai arah laju kereta. Sandaran tempat duduk dibuat jika ada penumpang tertidur, kepala tidak jatuh ke sebelah kanan atau kiri.

Baca juga: Lebih Nyaman, Kereta Ekonomi Jayabaya Versi Baru Lebih Disukai Penumpang

"Antar penumpang dibatasi pembatas tangan. Sarana toilet, pada dahulu toilet jongkok. Kereta Api New Generation ini toiletnya duduk dengan space lebih baik dan interior yang futuristik sehingga penumpang nyaman," tambahnya.

Selain itu, gorden jendela dulu manual sekarang bisa ditekan otomatis. Gorden akan naik atau turun untuk melindungi penumpang dari pancaran cahaya.

Baca juga: Mulai 26 September, KAI Siap Operasikan Kereta Ekonomi New Generation di KA Jayabaya

"Jumlah penumpang sebelumnya 106 itu dikurangi menjadi 72 penumpang sehingga jarak lebih lega," tambah Joni.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat