androidvodic.com

Makna Logo Mirip Huruf 'W' di Badan Kereta Cepat Whoosh - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Presiden Jokowi telah meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang diberi nama Whoosh pada Senin (2/10/2023). Nama Whoosh terinspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi ini.

Whoosh juga merupakan singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat.

Kereta Cepat Whoosh juga memiliki logo yang juga memiliki makna tersendiri. Dikutip dari akun media sosial X (dahulu Twitter) Whoosh, @KeretaCepatID, logo ini terinspirasi dari efek riak Kereta Cepat.

Logo ini mengaplikasikan warna kontras yang mencolok.

"Serta, karakter yang tegas sebagai bentuk ekspresi bahwa logo ini memberi ekspresi kegesitan, kekuatan, keberanian, ketegasan, dan ketajaman visi untuk masa depan," tulis akun @KeretaCepatID dalam unggahannya, dikutip pada Senin (2/10/2023).

Huruf W menggambarkan gelombang suara yang melesat dalam kecepatan tinggi. Kemudian, bagian lesatan di tengah memiliki arti "Melaju Cepat". Lesatan yang tebal tipis ini menggambarkon akselerasi untuk mendorong terjadinya perubahan.

Berikutnya, bagian "Melesat Tumbuh" mengartikan lesatan ke atas, menggambarkan laju pertumbuhan yang terus meningkat.

Terakhir, ada "Efek Lesatan" yang menggambarkan perubahan cepat sebagai efek lesatan yang berdampak dahsyat.

Pemerintah memutuskan tarif Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh masih gratis hingga pertengahan Oktober 2023.

Baca juga: Kereta Cepat Whoosh Masih Gratis Sampai Pertengahan Oktober

Manager Corporate Communication PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) Emir Monti menyatakan, masyarakat yang ingin mendapatkan tiket Kereta Cepat Whoosh bisa melalui situs kcic.co.id.

"Tiketnya nanti bisa dicek di situs kcic.co.id sehingga masyarakat bisa langsung memesan mana rute dan jadwal yang diinginkan dan yang masih tersedia," kata Emir di Stasiun Halim, Jakarta Timur, Senin (2/10/2023).

Baca juga: Jokowi Ungkap Alasan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diberi Nama Whoosh

Emir bilang, KCIC bakal mengoperasikan Kereta Cepat Whoosh secara gratis ini untuk delapan perjalanan meliputi empat perjalanan dari Stasiun Halim dan empat perjalanan dari Stasiun Tegalluar.

Soal besaran tarif Kereta Cepat Whoosh, Emir bilang nantinya akan disampaikan setelah gratis program operasional kereta cepat ini selesai.

"Setelahnya nanti kita akan sampaikan ke publik bagaimana skema dan tarif yang diterapkan," jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat