androidvodic.com

30 Penumpang Whoosh yang Gagal Berangkat karena Feeder Telat Dikompensasi Naik di Jam Berikutnya - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - PT Kereta Cepat Jakarta China (KCIC) memberikan kompenasi kepada 30 penumpang yang gagal berangkat naik Kereta Cepat Whoosh lantaran KA Feeder dari Stasiun Bandung terlambat tiba di Stasiun Padalarang dengan tiket gratis naik Whoosh di jam pemberangkatan berikutnya.

"Pada kondisi tersebut sebanyak 31 penumpang yang sebelumnya menggunakan KA Feeder tidak dapat naik Kereta Cepat untuk jadwal keberangkatan 06.56 WIB dari Stasiun Padalarang karena Kereta Cepat Whoosh berangkat sesuai jadwal," ujar Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa dalam keterangannya dikutip Jumat (20/10/2023).

Eva mengatakan, pihaknya memberikan kompensasi kepada 31 penumpang untuk naik Kereta Cepat Whoosh selanjutnya pada pukul 09.02 WIB tanpa harus membeli tiket baru.

Namun, dari 31 penumpang hanya 30 orang yang bersedia menerima kompensasi itu. Eva bilang, satu penumpang lainnnya memilih untuk pembatalan tiket dengan pengembalian sebesar 100 persen.

"Selama menunggu di hall Stasiun Padalarang KCIC juga memberikan snack serta minuman. Sementara 1 penumpang lainnya yang memilih untuk pembatalan tiket juga telah dilayani melalui loket Stasiun Padalarang dengan pengembalian bea tiket 100 persen," tuturnya.

Dikatakan Eva, operasional Kereta Cepat Whoosh memiliki tingkat ketepatan waktu keberangkatan yang mendekati 100 persen, sehingga Kereta Cepat Whoosh tidak dapat menunggu penumpang di luar jadwal keberangkatannya.

"PT KCIC memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan penumpang Kereta Cepat Whoosh yang mengalami keterlambatan karena adanya kendala operasional kereta feeder dari Stasiun Bandung," jelasnya.

Baca juga: Niat Naik Kereta Cepat Whoosh, 30 Penumpang Tertinggal di Padalarang Gara-gara Feeder Terlambat Tiba

Untuk mencegah agar hal tersebut tidak kembali terjadi, Eva bilang KAI akan menyiapkan satu rangkaian cadangan KA Feeder di Stasiun Bandung sebagai bentuk antisipasi.

Sejak beroperasi dengan penerapan tiket berbayar pada 17 Oktober 2023, Kereta Cepat Whoosh memiliki 14 jadwal perjalanan per hari.

7 keberangkatan dari Stasiun Halim dan 7 keberangkatan dari Stasiun Tegalluar. Seluruh perjalanan kereta berhenti melayani naik turun penumpang di Stasiun Padalarang.

Baca juga: Cara Buat Akun KCIC untuk Beli Tiket Kereta Cepat Whoosh, Siapkan NIK dan Nomor WhatsApp

"Penumpang yang ingin menuju Stasiun Bandung dari Stasiun Kereta Cepat Padalarang dan Sebaliknya dapat menggunakan KA Feeder secara gratis, adapun jadwal keberangkatan dan kedatangan KA Feeder juga telah disesuaikan dengan jadwal Kereta Cepat Whoosh," ungkap Eva.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat