androidvodic.com

Analis: Pasar Respons Positif Penetapan Gibran Jadi Cawapres, Rupiah Diprediksi Menguat - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - Pengamat Pasar Keuangan sekaligus Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan pasar memberikan respons positif penetapan Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden.

“Terpilihnya Gibran sebagai calon WP (Wakil Presiden) Prabowo membuat investor dalam negeri melakukan aksi jual terhadap dollar AS,” ungkap Ibrahim dalam catatannya, Sabtu (21/10/2023).

Menurutnya, penunjukkan Gibran dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Golkar yang juga dihadiri calon presiden Prabowo Subianto mendorong rupiah menguat di perdagangan besok.

Baca juga: Detik-detik Gibran Diumumkan Golkar Jadi Cawapres Prabowo, Terbang Dari Semarang Hingga Temui Zulhas

“Pasar merespons positif, rupiah dalam perdagangan Senen akan menguat walau tensi geopolitik di timur tengah terus memanas,” beber Ibrahim.

Sebelumnya, Rapimnas Partai Golkar resmi mendukung Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden (cawapres) yang menjadi pendamping Prabowo Subianto di pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Adapun Rapimnas Golkar digelar di Kantor DPP Golkar, Jalan Anggrek Neli, Jakarta Barat pada Sabtu (21/10/2023) Putusan itu dibacakan langsung oleh Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadizly.

"Rapimnas II Partai Golkar 2023 menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memperhatikan dan seterusnya, arahan dan persetujuan Rapimnas," kata Ace.

"Pertama, menetapkan, mendukung, mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden periode 2024-2029. Kedua, menetapkan, mendukung, mengusung, Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal cawapres dari Partai Golkar periode 2024-2029," sambungnya.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menuturkan bahwa penetapan Gibran menjadi cawapres setelah melakukan pencermatan yang cukup lama di internal Golkar.

Baca juga: Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan Unggah Momen Bertemu Gibran di Widya Chandra: Bismillah Mas Wali

Keputusan ini pun setelah menimbang kepentingan yang lebih besar.

"Setelah mencermati dengan seksama dan perkembangan mengedepankan kepentingan lebih besar untuk bangsa dan negara menjaa stabilitas politik pertumbuhan ekonomi pemerataan dan berdasarkan hasil pertemuan dengan para ketua DPD tadi malam, kami rapat cukup lama cukup hangat, tapi semuanya konsensus. Mengusulkan, saya tanya dulu, mengusulkan dan mendukung mas Gibran Rakabuming Raka untuk kita pasangkan dengan pak Prabowo sebagai bakal calon presiden republik Indonesia," jelasnya.

Lebih lanjut, Airlangga pun menanyakan apakah peserta Rapimnas Golkar yang berasal dari DPD seluruh Indonesia menyetujui keputusan tersebut.

Mereka pun serentak menjawab setuju.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat