androidvodic.com

Angkasa Pura I Bukukan Laba Bersih Rp802 Miliar pada Kuartal III 2023 - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - PT Angkasa Pura I atau AP I, membukukan laba bersih sebesar Rp802 miliar hingga kuartal III-2023.

Direktur Utama AP I, Faik Fahmi mengatakan, jumlah ini mengalami peningkatan 172 persen dibandingkan periode yang sama pada 2022.

Menurutnya, kinerja keuangan dan operasional perusahaan sampai dengan kuartal III-2023 cenderung meningkat signifikan karena didorong oleh pemulihan trafik penumpang sepanjang periode tersebut.

Baca juga: Tahun Depan, Angkasa Pura II Targetkan Layani 2 Juta Penumpang di Bandara Kertajati

Kemudian, perolehan laba bersih yang melesat hingga September 2023 juga didukung oleh upaya perusahaan dalam mengoptimalkan implementasi transformasi yang berkelanjutan.

“Kami sangat bersyukur sekaligus bangga karena upaya perusahaan untuk terus mengoptimalkan implementasi transformasi telah membuahkan hasil nyata, yakni kinerja operasional dan keuangan yang terus mengalami peningkatan," ucap Faik dalam pernyataannya, dikutip Sabtu (21/10/2023).

"Ini dapat menjadi momentum yang baik bagi perusahaan untuk rebound to win dan kembali ke posisi sebelum pandemi,” sambungnya.

Faik kembali mengatakan, berdasarkan data AP I, kinerja keuangan yang meningkat ditopang oleh peningkatan trafik penumpang di seluruh bandara yang dikelola AP1 yang mencapai 51,79 juta penumpang hingga September 2023.

Menurut Faik, peningkatan trafik di bandara yang dikelola AP I tidak terlepas dari kebijakan pemerintah yang mendukung industri aviasi seperti pembukaan pembatasan rute internasional.

Kemudian peningkatan trafik juga terbantu intensitas AP I dalam bekerja sama dengan stakeholder utama perusahaan yakni maskapai nasional maupun internasional, kebijakan cuti bersama Hari Raya dan libur anak sekolah, penerbangan haji di enam (6) bandara, dan pelaksanaan event internasional seperti Kejuaraan Dunia Superbike dan MotoGP di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Kemudian, implementasi empat pilar transformasi yang secara konsisten dilakukan sejak 2022 yakni business turnaround, organization and culture, financial restructuring, dan digitalization, berdampak positif terhadap percepatan pemulihan kinerja AP I.

Hal ini ditunjukkan dengan EBITDA hingga kuartal III-2023 mencapai Rp3,19 triliun yang meningkat hampir 3 kali lipat dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu dengan EBITDA margin 47 persen.

Berdasarkan data AP I, laba bersih perusahaan di kuartal III-2023 diperoleh karena meningkatnya pendapatan usaha perusahaan yang mencapai Rp6,82 triliun, naik 73 persen dibandingkan periode yang sama pada 2022 sebesar Rp3,94 triliun.

Agar dapat sesuai atau bahkan melebihi target yang diharapkan perusahaan hingga akhir tahun ini, Faik mengatakan perusahaan akan berfokus untuk memaksimalkan momentum kenaikan trafik, baik penumpang, pesawat, maupun kargo, melanjutkan program cost leadership, dan terus meningkatkan pilar transformasi digitalization.

“Kami yakin target-target yang telah direncanakan perusahaan dapat tercapai hingga akhir tahun ini. Seluruh bandara kami bekerja secara maksimal untuk meningkatkan pendapatan, baik pendapatan aeronautika maupun nonaeronautika,” pungkas Faik Fahmi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat