androidvodic.com

Pengamat: Kereta Cepat Whoosh Bikin Kesenjangan Infrastruktur Transportasi Makin Lebar - News

Laporan Wartawan News, Dennis Destryawan

News, JAKARTA - Pengamat transportasi publik Djoko Setijowarno menyoroti kenyamanan transportasi umum di Provinsi Maluku yang masih kurang layak jika dibandingkan dengan transportasi umum di Pulau Jawa.

"Beroperasinya kereta cepat Whoosh Jakarta-Bandung, kian memperlebar kesenjangan pelayanan transportasi umum di Indonesia," ujar Djoko saat dihubungi, Senin (23/10/2023).

Ia menerangkan, armada bus yang dioperasikan di Provinsi Maluku umumnya bus-bus tua dengan usia bus termuda buatan tahun 2016, bahkan masih ada bus buatan tahun 2012 yang masih dioperasikan.

"Sudah selayaknya semua armada bus yang beroperasi di Provinsi Maluku dapat diganti dengan armada baru. Sedangkan armada lama masih dapat digunakan sebagai angkutan logistik," terang Djoko.

Padahal, menurutnya, sudah saatnya, pembaharuan armada bus perintis di Provinsi Maluku. Armada yang sekarang dioperasikan, rata-rata sudah tidak laik operasi.

"Andai dioperasikan dalam kondisi dipaksakan. Tambahan lagi, jaringan jalan yang dilewati tidak semulus jalan-jalan di Pulau Jawa, berlubang bahkan berkubang," tutur Djoko.

Djoko berujar, jalan rusak sudah lama terjadi dan dibiarkan tidak diperbaiki, sehingga menjadikan waktu perjalanan menjadi lebih lama. Selain itu juga mempengaruhi kondisi kendaraan cepat rusak.

"Kondisi jalan seperti ini, sebaiknya dimasukkan dalam Program Inpres Pembangunan Jalan Daerah. Harus diakui masih rendah perhatian pemerintah untuk pembangunan infrastruktur di wilayah kepulauan masih rendah apalagi di wilayah timur Indonesia," kata Djoko.

Baca juga: Niat Naik Kereta Cepat Whoosh, 30 Penumpang Tertinggal di Padalarang Gara-gara Feeder Terlambat Tiba

Selain itu, armada penumpang yang beroperasi sekarang disebut Djoko perlu segera diganti dengan yang baru. Tidak perlu menggunakan pendingin, seperti angkutan umum di Jakarta.
"Yang penting layanan standar dengan waktu pelayanan prima sudah cukup. Barang penumpang dibatasi yang dapat dimasukkan dalam bus," terangnya.

Sedangkan, armada lama masih dapat dioperasikan untuk angkutan barang yang merupakan potensi pendapatan di Damri Wilayah Maluku.

Baca juga: 100 Tahun Lagi Indonesia Baru Bisa Nikmati Balik Modal dari Proyek Kereta Cepat Whoosh

Pemerintah diharapkan lebih memperhatikan layanan bus perintis di daerah 3TP (Terdepan, Tertinggal, Terluar dan Perbatasan) agar kesenjangan layanan transportasi umum tidak semakin melebar.

Provinsi Maluku merupakan wilayah kepulauan, namun memiliki jaringan angkutan bus perintis terpanjang di Indonesia. Rute Ambon – Masiwang – Totok Tolu sejauh 593 km yang ditempuh lebih kurang 33 jam. Kehadiran bus perintis di Provinsi Maluku sangat membantu peningkatan perekonomian warga, baik pergerakan penumpang dan barang.

Di Provinsi Maluku terdapat 17 rute angkutan bus perintis yang menyebar di lima pulau, yaitu Pulau Ambon, Pulau Seram, Pulau Buru, Pulau Tanimbar dan Pulau Kei.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat