androidvodic.com

Mau Ajukan Cicilan tapi Terbentur Gaji Rp3 Jutaan, Kaum Mendang-mending Wajib Tahu Hal ini! - News

News - Bagi kamu yang berpenghasilan Rp3 jutaan per bulan dan berminat mengajukan cicilan dan pinjamanfintech seperti Kredivo yang memiliki syarat minimal berpenghasilan Rp3 juta dan proses pendaftaran yang mudah memang bisa menjadi andalan.

Namun, hal ini tentu sulit jika kamu tinggal di kota besar yang memiliki standar biaya hidup yang lebih tinggi. Melansir katadata, untuk tinggal di Kota Jakarta  membutuhkan biaya hidup berkisar antara 4,5 juta hingga 10 juta per bulan.

Lalu, jika berada di situasi seperti ini dan ingin mengajukan cicilan dan pinjaman, apakah bijak untuk tetap mengajukannya?

Lebih Baik Pinjam Sesuai Kemampuan

Hal pertama yang harus dilakukan jika ingin mengajukan pinjaman dengan gaji Rp3 jutaan adalah mengetahui kemampuan bayar diri sendiri. Sebab, dengan cara ini kamu tidak perlu mengorbankan segala kebutuhan pokok per bulannya untuk membayar tagihan pinjaman.

Misalnya, biaya setiap bulannya untuk kebutuhan tempat tinggal, makan, transportasi, bayar internet, hingga biaya malam mingguan dan lain sebagainya, sehingga menyisakan uang Rp400 ribu, maka itu adalah kemampuan bayar yang bisa kamu pakai setiap bulannya.

Nah, dari sini secara kasar bisa diambil kesimpulan bahwa kamu hanya bisa mencicil barang dengan harga Rp400 ribu per bulan, dan kurang lebih barang dengan harga Rp4 juta untuk cicilan 12 bulan.   

Hindari Pinjaman Konsumtif

Mengajukan pinjaman juga tidak boleh gegabah dan serampangan. Apalagi jika kamu memiliki pendapatan yang tidak sesuai dengan standar hidup di tempat tinggalmu.

Oleh karenanya, hindar pinjaman yang bersifat konsumtif, yang tujuannya hanya memenuhi gengsi atau FOMO (Fear Of Missing Out) saja, sehingga barang tersebut ternyata tidak terlalu dibutuhkan, bahkan bisa kamu beli dengan harga yang jauh lebih murah.

Misalnya ingin membeli handphone, ingat kembali kamu hanya memiliki kemampuan bayar Rp400 ribu per bulan dan Rp4 jutaan untuk cicilan 12 bulan, jadi jangan paksakan untuk membeli handphone keluaran baru dengan harga yang tinggi, meski limit yang kamu punya cukup memadai.

Pilih Layanan Pinjaman dengan Bunga Rendah

Meski penggunaanya sudah bijak, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bayar, kamu juga harus selektif dalam memilih aplikasi fintech yang menyediakan layanan cicilan dan pinjaman. Lebih baik memilih aplikasi yang memberikan bunga rendah, sehingga tidak begitu membebani tagihan kamu setiap bulannya.

Salah satu aplikasi fintech yang direkomendasikan adalah Kredivo, yang memberikan bunga sangat rendah, mulai dari 0 persen untuk paylater 30 hari dan cicilan 3 bulan, serta bunga rendah 2,6 persen per bulan untuk pilihan tenor lebih panjang, yaitu 6 dan 12 bulan.

kamu bisa menggunakan Kredivo di ribuan merchant yang sudah bermitra, mulai dari Tokopedia, Bukalapak, Lazada, iBox, Erafone, Digimap, IKEA, Informa dan ribuan merchant lainnya.

Bagi kamu yang ingin memanfaatkan cicilan dan pinjaman tunai, kamu juga bisa mencairkan sebagian limit langsung dari aplikasi, dengan bunga ringan hanya 2,6 persen per bulan dan tenor 3 dan 6 bulan.

Bagaimana? Tertarik untuk menggunakan layanan Kredivo yang #Sefleksibelitu? Yuk, download aplikasinya di Play Store atau Apps Store dan dapatkan kesempatan untuk mendapat limit hingga Rp50 juta!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat