androidvodic.com

Anggota Komisi VI: Merger Usaha Sejenis PTPN Group Bukan untuk Bersaing - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR RI Herman Khaeron meyakini pembentukan Sub holding PTPN Group tidak melanggar Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat (Undang-Undang Anti Monopoli).

Menurutnya, Pembentukan sub holding berbasis komoditas di PTPN Group sudah melalui pengkajian mendalam, baik dari sisi regulasi maupun bisnis sehingga dipastikan tidak melanggar Undang-Undang Anti Monopoli.

“Merger usaha sejenis yang dilakukan oleh PTPN Group saat ini bukan untuk bersaing. Tidak ada potensinya sama sekali melanggar undang undang persaingan usaha,” jelasnya dalam keterangan di Jakarta, Jumat (3/11/2023).

Baca juga: Ekonom Indef: PalmCo Jadi Pintu Masuk Revitalisasi Lahan Sawit PTPN Group

Dia memastikan kebijakan BUMN perkebunan ini justru adalah sebuah transformasi agar kinerja perusahaan meningkat, baik dibidang keuangan maupun tata kelola korporasi.

PTPN Group, lanjutnya, hanya menggabungkan beberapa perusahaan yang memiliki komoditas sejenis.

Jika dihitung dari volume produksi, hanya sekitar 6 persen dari total produksi sawit nasional. Artinya, masih banyak perusahaan swasta yang mengisi kebutuhan nasional.

“Tidak ada potensi praktik monopoli. Kecuali, kalau supplier minyak goreng atau gula wajib melalui PTPN. Itu baru melanggar usaha. Ini kan tidak. Ini hanya merger anak usaha yang mengelola komoditas yang sama,” terangnya.

Lebih jauh, Herman Khaeron mengatakan pembentukan sub holding PTPN Group, baik PalmCo untuk sawit maupun SugarCo untuk gula, sudah melalui pembahasan yang mendalam dan komprehensif di Komisi VI DPR RI.

“Persoalan ini sudah dibahas berulang kali di Komisi VI dan memang berbagai strategi digunakan untuk memberikaikan kinerja PTPN,” tambahnya.

Baca juga: PTPN III Raih Posisi Teratas Secara Global di Sektor Pertanian Berdasarkan Peringkat Sustainalytic

Dia mengatakan tujuan transformasi bisnis dan korporasi adalah menjadikan perusahaan sehat dan berkinerja positif.

Herman memaparkan transformasi diawali dengan membentuk Holding PTPN Group, kemudian melakukan restrukturisasi utang.

Setelah restrukturisasi, dia mengakui PTPN Group sudah membukukan laba bersih. Namun, jelasnya, harus ada langkah strategis agar keuntungan ini berlanjut, sehingga ada dana untuk mencicil utang yang jumlahnya begitu besar serta menambah modal perusahaan melakukan rencana dan ekspansi bisnis.

“Sekarang waktunya melakukan transformasi. Transformasinya ke mana? Sesuai dengan kebijakan Kementerian BUMN untuk membentuk sub holding. Ada Sub Holding Palmco dan SugarCo,” ujar Herman Khaeron.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat