androidvodic.com

Menkeu Sri Mulyani Beberkan Alasan BLT El Nino Senilai Rp 400 Ribu Belum Cair - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino belum cair, karena administrasi menyoal anggaran tersebut belum rampung.

Bendahara negara bilang, total anggaran BLT El Nino itu sebesar Rp 7,52 triliun untuk 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

"Dari tempatnya bu mensos ini surat sudah disampaikan. jadi ini prosesnya akan bisa diakselerasi November-Desember kita transfer satu kali sehingga langsung untuk dua bulan sekaligus," ungkap Sri Mulyani saat Konferensi Pers PDB Kuartal III di Jakarta Pusat, Senin (6/11/2023).

Baca juga: Menko Airlangga Beberkan Pemerintah Akan Kucurkan BLT Sebesar Rp200 Ribu Per Bulan

Sri Mulyani bilang, anggaran BLT El Nino ini bakal rampung pada Minggu ini. Namun sayangnya dia enggan menjelaskan secara rinci.

"Bu risma yang tadi sampaikan kepada saya bahwa suratnya sudah disampaikan dan proses penganggarannya segera bisa diselesaikan Minggu ini," jelas Sri Mulyani.

"Untuk BLT itu anggarannya Rp 7,52 T, kita bayarkan sekaligus. Kita akan transfer begitu DIPA-nya sudah selesai bulan ini," imbuhnya.

Selain itu, Sri Mulyani menyampaikan penyaluran BLT El Nino ini dilakukan lantaran adanya penurunan daya beli masyarakat.

Baca juga: Bantu Kelompok Ibu Pekerja IHT, Gubernur Jatim Serahkan BLT Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau

"Terlihat dari sisi outlook growth kita. Konsumsi masyarakat walaupun masih tumbuh di 5 persen, kita harapkan tetap terjaga bahkan di atas 5 persen," ungkapnya.

Adapun untuk diketahui, BLT El Nino ini akan disalurkan selama dua bulan yaitu November dan Desember 2023. Rinciannya, setiap bulan akan diberikan Rp 400.000 per keluarga.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat