androidvodic.com

Lewat Pemberdayaan dan Pendampingan, Aswapemari Banjarnegara Siap Akses Pasar Lebih Luas - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Dibentuk sejak 2012, Asosiasi Wanita Pengusaha Makanan Ringan (Aswapemari) Banjarnegara kini berupaya untuk mengembangkan sejumlah bisnis mereka dan maju bersama sebagai sesama pengusaha bidang makanan ringan di Banjarnegara.

Ketua Aswapemari Sukini mengatakan bahwa pihaknya memiliki 52 anggota tetap yang tersebar di 19 kecamatan di Kabupaten Banjarnegara

"Produk-produk yang dihasilkan oleh anggota Aswapemari mayoritas adalah berbagai keripik dan makanan ringan khas banjarnegara," kata dia dalam keterangan yang diterima, Senin (6/11/2023).

Sukini lalu bicara soal program BRI Life Berbagi yang hadir membantu Aswapemari melalui program pendampingan dan pemberdayaan peningkatan kapasitas usaha.

Sukini mengatakan bahwa program tersebut dilaksanakan BRI Research Institute sebagai pelaksana pemberdayaan yang bekerja sama dengan Pusat Inkubasi Bisnis Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Jenderal Soedirman.

"Ini kali kedua BRILife mendampingi Aswapemari, setelah sebelumnya sukses membentuk Rumah Kemasan untuk Aswapemari sehingga meningkatkan penjualan mereka," kata dia.

Sukino mengatakan BRI Lif hadir untuk Aswapemari dengan memberikan bantuan alat produksi kepada anggota Aswapemari agar memenuhi Standar Good Manufacturing Practice (GMP) untuk menghasilkan produk bermutu sesuai dengan tuntutan pasar.

"Semoga jangan bosen-bosen mendampingi kami. Setelah tahun kemarin di buatkan Rumah Kemasan dan kali ini kami mendapatkan bantuan kembali yaitu alat-alat yang menunjang GMP sehingga lebih higienis lagi kami dalam melakukan produksi” tambah Sukini.

Dengan peningkatan kapasitas produksi dan penerapan GMP ini, Sukini mengatakan Aswapemari menjadi lebih siap untuk mengakses pasar yang lebih luas, dan merambah pasar online. 

Untuk mengakselerasi hal ini, pada kesempatan kali ini BRI Life juga memberikan bantuan berupa perangkat digital seperti Tablet, Thermal Printer dan alat lainnya untuk dapat menunjang operasional toko daring. 

Tujuan dari dukungan ini adalah untuk anggota Aswapemari dapat lebih memanfaatkan Toko Online untuk meningkatkan penjualannya. 

“Kegiatan pelatihan yang diberikan oleh BRI Life ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas mutu produk kami. Selain itu, untuk pelatihan toko online juga diharapkan dapat meningkatkan penjualan kami karena rata-rata usia anggota Aswapemari sudah berusia lebih lanjut sehingga membutuhkan pelatihan dan pendampingan seperti ini” ujar Sukini.

Baca juga: Petani Banjarnegara Antusias Sambut Panen Cempe dan Pesta Patok Bersama Upland Project Kementan 

Kegiatan pemberdayaan bagi anggota Aswapemari ini dilangsungkan pada bulan Oktober 2023, bertepatan dengan bulan inklusi keuangan Indonesia dan dalam rangka ulang tahun BRI Life yang ke-36 tahun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat