androidvodic.com

Prabowo Ngaku Kesulitan Dapat Kredit, Ini Tips yang Perlu Diperhatikan saat Meminjam Uang di Bank - News

Laporan Wartawan News, Dennis Destryawan

News, JAKARTA - Calon presiden koalisi Indonesia maju, Prabowo Subianto menyebut dirinya susah mendapatkan kredit dari sejumlah bank di Indonesia. Berikut tips-tips yang perlu diperhatikan saat akan meminjam uang di bank.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum meminjam uang di bank. Faktor-faktor tersebut bisa berpengaruh pada banyak aspek dalam proses peminjaman uang. Ada hal yang bisa membuat nasabah bisa mendapatkan pinjaman dana sesuai dengan yang dibutuhkan.

Baca juga: Prabowo di Hadapan Relawan: Hey Elite-elite di Jakarta, Lu Enggak Bisa Nipu-nipu Rakyat Lagi 

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Meminjam Uang di Bank

"Meminjam uang di bank tentunya ditentukan oleh dua faktor, nasabah yang meminjam dan bank pemberi pinjaman. Semua faktor ini harus saling mendukung untuk kelancaran aliran dananya," dikutip dari situs BCA, Rabu (8/11/2023).

Berikut hal penting yang perlu diperhatikan jika ingin meminjam uang dari bank:

1. Tahu kebutuhan

Sebelum memutuskan untuk meminjam dana dari bank, nasabah perlu tahu dulu uang tersebut akan digunakan untuk apa. Banyak orang yang memanfaatkan dana tersebut untuk modal usaha, renovasi rumah, atau kebutuhan lainnya.

2. Menentukan jumlah pinjaman

Jumlah pinjaman dari bank juga harus sesuai dengan kebutuhan. Pinjaman yang lebih kecil tidak akan mencukupi kebutuhan. Hal ini akan membuka peluang untuk mencari pinjaman di tempat lain.

Di sisi lain, pinjaman yang berlebihan juga tidak baik untuk finansial pribadi. Hal ini bisa membuka kecenderungan pemborosan karena hal-hal yang bersifat konsumtif. Selain itu, pengembalian dananya pun menjadi lebih berat.

3. Cara pengembalian dana

Mengembalikan dana pinjaman kepada bank merupakan kewajiban dari nasabah. Hal ini juga perlu masuk ke dalam pertimbangan besar sebelum meminjam uang di bank. Nasabah harus bisa memastikan memiliki kemampuan untuk mengembalikan dana setelah meminjam.

Karena itu, cobalah mengatur keuangan pribadi terlebih dulu. Sisihkan anggaran yang digunakan untuk mengembalikan dana pinjaman setiap bulannya.

Baca juga: Prabowo Curhat Susah Dapat Kredit dari Bank: Gue Jelek-jelek Gini Mantan Danjen Kopassus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat