androidvodic.com

Apkasi Ajak Produsen Raih Peluang Pengadaan Barang dan Jasa di APN 2023 - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) mendukung program pemerintah agar produk Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri melalui gelaran Apkasi Procurement Network 2023: Expo & Forum (APN 2023).

Direktur Eksekutif Apkasi Sarman Simanjorang mengatakan, kegiatan APN 2023 merupakan salah satu program kerja unggulan Apkasi yang tahun ini digelar keempat kalinya dan mempertemukan produsen barang dan jasa dengan pengguna anggaran atau end user.

APN 2023 akan dilaksanakan pada 27-28 November 2023 di Hall A Balai Sidang Jakarta Convention Center, Senayan Jakarta mengangkat tema kegiatan “Produk Indonesia Menjadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri."

Baca juga: Kadin Indonesia dan APKASI Selenggarakan IIWTT Forum & Expo 2023

Sarman mengatakan penyelenggaraan qAPN 20223 selaras dengan harapan Presiden Joko Widodo agar Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (PBJP) lebih mengutamakan pengunaan produk-produk dalam negeri. “Dalam kerangka inilah, penyelenggaraan APN 2023, Apkasi berharap, pertama, para end user di lingkungan pemerintahan dapat melihat secara langsung berbagai produk-produk Indonesia yang merupakan solusi kebutuhan di pemerintah daerah,” ujarnya dikutip Kamis, 9 November 2023.

Hal kedua, pemerintah daerah didorong berbelanja nelalui mekanisme e-Katalog dalam kegiatan PBJP mengingat e-katalog akan membuat prosesnya lebih cepat, terukur dan transparan. "Kami berharap semua anggota Apkasi sudah memiliki e-Katalog Lokal dan memanfaatkan platform tersebut untuk berbelanja segala kebutuhannya di lingkup pemerintah daerah," ujarnya.

Ketiga, harapannya pemerintah daerah khususnya pejabat kegiatan PBJP dapat mengenal lebih dekat para produsennya, bisa konsultasi dulu, bertanya mengenai spek barang atau jasa yang diperlukan sehingga saat belanja mereka sudah yakin dengan apa yang akan dibeli,” ujar Sarman.

APN 2023 juga akan diisi dengan serangkaian forum untuk memberikan kesempatan kepada para produsen memaparkan jenis barang dan jasanya.

Melalui gelaran APN 2023 Apkasi memfasilitasi anggotanya sebanyak 416 pemerintah kabupaten di seluruh Indonesia untuk bisa lebih dekat dengan para penyedia barang dan jasa. “Jika selama ini mereka hanya melihat produknya melalui etalase e-Katalog saja, kini mereka bisa bertemu dan berinteraksi langsung,” katanya.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan Kadin Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat