androidvodic.com

Kepala Otorita IKN Buka Suara Soal Bahlil Rem Investasi Asing di Ibu Kota Nusantara - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Bambang Susantono buka suara soal pernyataan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia yang menyebutkan investasi asing di IKN direm untuk sementara waktu.

Menurut Bambang, maksud Bahlil mengatakan akan mengerem investasi asing bukan artinya akan membatasi masuknya dana asing ke pembangunan IKN.

Baca juga: Pembangunan IKN Nusantara Butuh Pasokan 9,5 Juta Ton Baja

Namun, maksudnya adalah investor domestik ini lebih dibutuhkan agar bisa menciptakan kepercayaan pasar terlebih dahulu.

"Saya menduga maksud beliau adalah karena kita perlu orang-orang atau investor untuk meng-create confidence pasar, makanya yang domestik didahulukan," kata Bambang ketika ditemui di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Kamis (9/11/2023).

Bambang mengatakan, saat ini sudah terbukti pasarnya telah tercipta. Ada snowballing effect alias efek bola salju.

"Kemarin September sekian, November sekian, Desember sekian. Kita target sampai akhir tahun (investasi swasta di IKN, red) Rp45 triliun. Sekitar 3 billion dolar Amerika Serikat (AS)," kata Bambang.

"Itu artinya mesin pembangunan sudah berjalan. APBN sudah meng-create confidence. Domestik masuk create confidence. Saya kira nanti pada saatnya yang asing akan masuk. Ini masalah waktu saja," lanjutnya.

Ia kemudian juga mengatakan bahwa Bahlil sejatinya juga masih membuka kesempatan bagi investor asing.

Namun, kondisinya saat ini, investor domestik menjadi pihak yang lebih cepat memutuskan menanam modal di IKN Nusantara.

Baca juga: Cerita Bos LPS Nego Luhut untuk Minta Tanah Lagi di IKN Nusantara

"Asing dan domestik, ternyata domestik lebih cepat. Kenapa lebih cepat? Karena mereka mengetahui kondisi medan, mengetahui cara mengatasi risiko-risiko yang ada di dunia bisnis Indonesia. Makanya mereka lebih cepat dalam mengambil keputusan. Tidak berarti bahwa yang asing ini tidak berproses. Mereka berproses juga," kata Bambang.

Selain itu, kata Bambang, investor asing membutuhkan waktu lebih panjang sebelum memutuskan investasi atau tidak karena salah satunya terkait dengan masalah jarak ke IKN dari masing-masing negara asal.

Investor domestik bisa lebih mudah bila ingin meninjau IKN.

Mereka diuntungkan bila sewaktu-waktu ingin melihat situasi topografi di IKN seperti apa, sumber airnya dari mana, serta bagaimana kondisi listriknya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat