androidvodic.com

Melalui Kelas Industri Baja, Krakatau Posco Sinergi dengan Kemenperin Ciptakan SDM Unggul - News

News, JAKARTA - Krakatau Posco kerja sama dengan Kementerian Perindustrian dalam rangka mencetak sumber daya manusia (SDM) yang unggul di industri baja.

Sinergi ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman kedua belah pihak yang dilakukan Direktur HRGA Krakatau Posco, Dicky Mardiana dan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin, Masrokhan.

Dalam menciptakan SDM unggul, perseroan pun Politeknik Industri Petrokimia Banten atau PIPB.

"Kelas industri ini akan menggunakan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan industri baja," kata Dicky ditulis Senin (13/11/2023).

Baca juga: BPSDMI: Potensi Kerja Sama dari Hannover Messe Bisa Dorong Proses Transformasi Teknologi 4.0

Menurutnya, perseroan terus berupaya maksimal dalam meningkatkan kualitas SDM, khususnya bagi masyarakat lokal sebagai bentuk upaya menyelesaikan masalah kekurangan tenaga kerja dan sebagai persiapan untuk menghadapi investasi tahap dua menuju kapasitas 10 juta ton yang akan membutuhkan tenaga kerja berkualitas lebih banyak lagi.

Menurut Dicky, program ini akan memperkenalkan program khusus "Steel Industry Technology Class" yang melibatkan budaya perusahaan Posco dan bahasa Korea.

Baca juga: BPSDMI Kemenperin Tingkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Industri Lewat Program Silver Expert

Program ini akan dimulai di Polytechnic dan SMK pada Juli 2024, memberikan pendidikan selama tiga tahun yang mencakup teori dan praktik langsung untuk mendidik tenaga kerja terampil dalam industri baja.

Dicky menambahkan, lulusan program ini akan mendapatkan prioritas dalam rekrutmen di Krakatau Posco dan diharapkan dapat membantu mengatasi kekurangan tenaga kerja yang sedang dialami oleh industri dalam negeri.

“Dengan adanya perjanjian kerja sama ini, kami berkomitmen dan sangat mendukung atas program-program kelas industri yang akan dibentuk," ucapnya.

"Hal ini merupakan langkah nyata Krakatau Posco dalam menyiapkan SDM yang unggul terutama bagi masyarakat lokal. Selain itu, kerja sama juga dilakukan dengan SMK SMTI Yogyakarta agar dapat menjaring lebih luas lagi potensi pengembangan sumber daya nasional,” tutur Dicky.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat