androidvodic.com

Menteri PUPR: Peraturan Sistem Pembayaran Tol Nirsentuh Diteken Jokowi Usai Pulang dari AS - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, regulasi sistem pembayaran tol nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) akan segera diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ia mengatakan, Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) terkait MLFF sudah ada di tangan Jokowi, dan akan ditandatangani usai Kepala Negara pulang dari Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Uji Coba MLFF Batal Diterapkan Awal Juni 2023

"(RPP terkait MLFF) dalam proses harmonisasi, sudah di meja Pak Presiden. Pak Presiden pulang minggu ini kan bisa tanda tangan," kata Basuki usai menghadiri acara HunIndoTech 4.0 Business Forum di Hotel Westin, Jakarta, Selasa (14/11/2023).

Adapun uji coba MLFF yang sempat tertunda pada Juni lalu ini, akan mulai diujicobakan pada Desember 2023 mendatang.

Basuki mengatakan, uji coba akan dilakukan di tol Bali Mandara pada pekan kedua Desember.

"Minggu kedua Desember. Setelah dicoba, dua minggu kita akan evaluasi. Di akhir Desember nanti kita evaluasi," katanya.

Ia mengatakan, pada akhir Desember nanti akan dievaluasi dari uji coba ini. Kalau berhasil, Basuki menyebut sistem ini akan diperluas ke ruas lain.

Baca juga: Asosiasi Jalan Tol Indonesia: Modernisasi Transaksi Tol Melalui Penerapan MLFF

"Di akhir Desember nanti kita evaluasi. Kalau itu bagus [dan] berhasil, kita expand. Kalau ada kekurangan, kita improve dulu, baru coba lagi, baru expand," ujar Basuki.

Rencananya, ada enam ruas tol di Jakarta yang akan diterapkan sistem pembayaran tol nirsentuh apabila uji coba di Bali berhasil.

"(Enam ruas) sekitar Jakarta. (Uji coba) di Bali kan terbatas, jadi kalau ada apa-apa, enggak terlalu chaos. Nanti kalau sudah berhasil, baru di Jakarta, di perkotaan dulu," kata Basuki.

Baca juga: Bali Jadi Lokasi Uji Coba Pertama Transaksi Tol Nirsentuh MLFF Pada 1 Juni 2023

"Sekali lagi, saya lebih percaya diri karena ada ITS, Intelligent Transport System. Beliau akan monitor teknologi, walaupun teknologi menurut saya gak bermasalah," lanjutnya.

Sebagai informasi, sistem pembayaran tol nontunai nirsentuh ini menjadi proyek strategis nasional (PSN) dan dikerjakan oleh PT Roatex Indonesia Toll System, perusahaan patungan Hungaria – Indonesia.

Proyek MLFF yang akan melakukan uji coba dalam waktu dekat ini menelan investasi sekitar 300 juta dolar Amerika Serikat (AS).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat