androidvodic.com

Satu Persen Perlambatan Pertumbuhan Ekonomi China Berdampak ke RI Sebesar 0,3 Persen - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Ekonom senior yang juga Menteri Keuangan tahun 2013-2014, Chatib Basri, memandang perlambatan ekonomi China akan berdampak kepada Indonesia.

Dana Moneter Internasional (IMF) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi China pada tahun ini sebesar 5,2 persen, lalu menurun ke 4,5 persen pada 2024.

Chatib mengatakan, kalau perkiraan pertumbuhan China di sekitar empat setengah persen, maka permintaan impor di negara tersebut akan melambat.

Baca juga: AS Kembali Gertak China, Ajak Filipina Patroli Bersama di Perairan Taiwan

Artinya, ekspor Indonesia ke China juga akan mengalami perlambatan.

Dia bilang, perlambatan pertumbuhan ekonomi China sebesar satu persen, bakal memiliki dampak pada perlambatan pertumbuhan ekonomi di RI sebesar 0,3 persen.

"Jadi kalau misalnya ekonomi China itu melambat dari sekitar lima persenan, 5,2 persen ke 4,5 persen itu kan turunnya sekitar 0,7, jadi mungkin dampaknya ekonomi Indonesia itu akan melambat tidak sampai sebesar 0,3 persen," ujar Chatib dalam dalam acara Bank BTPN Economic Outlook 2024 di Jakarta, Rabu (22/11/2023).

Baca juga: Ekonomi China Ngaruh Banget Bagi Indonesia, Melambat 1 Persen, Pertumbuhan RI Merosot 0,3 Persen

"Kurang dari 0,3 persen ya, tetapi akan ada dampak pada perlambatan ekonomi Indonesia," lanjutnya.

Adapun alasan perlambatan ekonomi China, menurut IMF, disebabkan oleh investasi swasta yang lebih lemah, ekspor yang melambat, dan permintaan domestik yang menurun pasca pembukaan kembali dari penguncian Covid-19.

“Kami melihat pertumbuhan ekonomi China yang cenderung melambat dalam beberapa waktu terakhir,” kata Juru bicara IMF Julie Kozack dalam sebuah pernyataan, Kamis (13/7/2023).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat