androidvodic.com

Gandeng Startup, Kelompok Usaha PLN Lirik Bisnis Pergudangan Cold Chain - News

Laporan Wartawan News, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Kelompok usaha PLN kini melirik bisnis anyar di bidang pergudangan rantai dingin (cold chain) untuk merespons tingginya kebutuhan jasa cold storage end to end di Indonesia.

Bisnis ini dikembangkan oleh anak usaha PLN, yakni PLN Icon Plus, dengan bermitra dengan PT Gudang Segar Indonesia (Fresh Factory Indonesia) yang penandatanganan kerjasamanya dilakukan pada 10 November 2023 di PLN UID Kalimantan Barat.

Baca juga: PLN Icon Plus Bangun Internet Publik untuk Masyarakat Gunung Kidul

Kerjasama kemitraan ini diperluas penandatangan kerjasama kolaborasi PLN Group dan startup di PT PLN (Persero) Kantor Pusat pada 21 November 2023.

Penandatanganan perjanjian kerja sama kolaborasi ini dihadiri Direktur Electricity Related Business PLN Icon Plus Chipta Perdana mewakili Direktur Utama Ari Rahmat Indra Cahyadi, dengan Direktur Utama Haleyora Powerindo, Direktur PLN EMI, Direktur Utama PT Tenaga Kanggo Indonesia, Direktur Utama PT Mygrowtek Jaya Imajin, dan Direktur Utama PT Khazanah Hijau Indonesia serta Komisaris Utama PLN Icon Plus Hartanto Wibowo.

Baca juga: China Mobile dan PLN Icon Plus Kembangkan Solusi Smart Home dengan Layanan Terintegrasi

Hartanto Wibowo menyampaikan, lewat kolaborasi dengan perusahaan startup, PLN Group ingin mengembangkan ekosistem digital sekaligus menempatkan diri sebagai epicentrum pengembangan startup energi yang kokoh, andal dan terjangkau untuk masyarakat sehingga ke depannya akan lebih bergerak maju lagi.

“Dengan adanya kerja sama ini, PLN bersama startup sesuai dengan kepentingan bisnis masing-masing diharapkan mampu membuat epicentrum startup terbaik di Indonesia,” ujarnya.

Direktur Utama PT Gudang Segar Indonesia Larry Ridwan menambahkan, PLN merupakan partner support ketenagalistrikan paling bagus saat ini. Menurutnya, kerja sama ini dapat menjadi awal dari sinergi terbaik untuk saling mendukung proses bisnis hingga, harapannya bisa menjadi unicorn di Indonesia.

Pihaknya berharap kerja sama ini dapat berkelanjutan dan meningkatkan penerapan teknologi khususnya dalam bisnis pergudangan cold chain sehingga memiliki fasilitas dan sekuritas lebih baik ke depannya.

Baca juga: PLN Icon Plus Ajak Anak Muda Jogja Kembangkan Ekonomi Digital

Hal ini diyakini akan mendorong lebih banyak kerja sama baru dalam proses sinergi dan kolaborasi antar PLN Group maupun dengan perusahaan lain.

Apa itu Cold Chain?

Rantai dingin atau cold chain merupakan sistem rantai pasok (supply chain) yang sangat memperhatikan tingkatan suhu pada setiap prosesnya. Tujuan dari rantai dingin ini adalah menjaga produk supaya tetap bersuhu dingin atau beku.

Suhu dingin ini tidak hanya diperlukan untuk proses distribusi. Produk-produk tertentu juga diproduksi dengan memperhatikan temperatur di lingkungan tersebut. Begitu juga dalam proses penyimpanan serta penjualannya.

Mengapa suhu harus dipertahankan supaya tetap dingin? Ini dilakukan untuk menjaga kualitas produk dan mempertahankannya supaya tidak mudah rusak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat