androidvodic.com

RITS Terima Delegasi Malaysia, Perkenalkan Teknologi Sistem Transaksi Tol Nirsentuh MLFF - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) menerima kunjungan delegasi Intelligent Transport System (ITS) Malaysia di Control Center RITS, Jakarta Selatan, Selasa (5/12/2023).

Kunjungan tersebut dalam rangka memperkenalkan teknologi sistem transaksi tol nirsentuh Multi Lane Free Flow (MLFF).

Diketahui, Indonesia akan memulai uji coba menggunakan MLFF pada bulan ini di Tol Bali Mandara.

Baca juga: Mengenal Cara Kerja Pembayaran Tol Tanpa Berhenti atau MLFF, Simak Penjelasannya

Direktur PT RITS Gyula Orosz mengatakan, dalam pertemuan tersebut pihaknya menjelaskan legislasi, perangkat, dan bagaimana implementasi MLFF di Indonesia.

Menurut dia, penting untuk bisa membangun hubungan dengan anggota ITS lainnya di seluruh dunia.

Adapun RITS merupakan anggota dari ITS Indonesia, serta perusahaan induknya merupakan anggota ITS Hungaria dan ITS Eropa.

"Dengan bertukarnya informasi yang dilakukan dengan ITS Malaysia hari ini, kami harap (bisa) saling mengenal, saling mengetahui teknologi masing-masing, dan saling berbagi pembelajaran menjadi agenda yang dapat diteruskan ke depannya," kata Gyula.

Ia mengatakan, teknologi MLFF milik RITS merupakan teknologi yang terdepan di dunia dan diklaim menjadi yang paling terbaru.

Baca juga: Prediksi Roatex, Tidak Ada Kenaikan Tarif Tol Saat Uji Coba MLFF

Gyula pun senang ITS Malaysia tertarik dan ingin mempelajari dari teknologi MLFF ini.

"MLFF menjadi salah satu teknologi terdepan menurut kami. Teknologi yang sangat baik kualitasnya dan sudah diakui dunia. Kami sangat senang sekali ITS Malaysia mau belajar dari kami terkait dengan teknologi MLFF ini," ujar Gyula.

Sebagai informasi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mulai melakukan uji coba sistem transaksi tol nirsentuh Multi Lane Free Flow (MLFF) pada Desember 2023.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, mengatakan uji coba MLFF akan dilakukan di enam ruas tol, dimulai dari Tol Bali-Mandara.

"Pada Desember 2023, kita akan memulai uji coba penggunaan sistem transaksi tanpa kontak atau MLFF di enam ruas jalan tol, dimulai dari Jalan Tol Bali-Mandara. Saya sangat berharap sistem ini semakin meningkatkan pelayanan jalan tol kita melalui digitalisasi transformatif," tutur Basuki, Selasa (14/11/2023).

Baca juga: Operasional MLFF Akan Gunakan 400 Gantry, Roatex Indonesia: 2 Sudah Terpasang

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat