androidvodic.com

Kepala Bapanas Terbang ke India, Bahas Impor Beras dan Daging Kerbau - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengunjungi India guna melakukan penjajakan kerja sama importasi beras dan daging kerbau.

Ia mengatakan, penjajakan kerja sama ini dalam rangka memastikan ketersediaan pangan yang ada di Indonesia berasal dari sumber yang terbaik dan harga yang kompetitif.

Adapun saat ini pemerintah RI tengah berupaya agar proses impor beras dari India tetap berjalan, di tengah pembatasan perdagangan yang dilakukan oleh negara Asia Selatan tersebut.

"Kami ke India hari ini ingin melakukan penjajakan kembali. Kita ketahui bersama Pemerintah India masih menerapkan pembatasan perdagangan. Penguatan stok yang bersumber dari beras India akan terus kita proses," kata Arief dalam keterangan tertulis, Selasa (19/12/2023).

Arief mengatakan pihaknya juga mendorong pemenuhan ketersediaan daging kerbau sebanyak 150 ribu ton untuk kepentingan dalam negeri.

Dalam kunjungan ini, Arief bertemu Duta Besar RI untuk India, Ina Haginingtyas Khrisnamurthi.

Ina menyampaikan bahwa diperlukan adanya peningkatan investasi di Indonesia untuk mendorong pembangunan yang lebih baik.

Sebagai informasi, bukan hanya Arief yang menyambangi India untuk melakukan penjajakan kerja sama impor beras.

Direktur Utama Perum Bulog yang baru, Bayu Krisnamurthi, juga mengunjungi India untuk mencari peluang impor beras dari negara Asia Selatan tersebut.

Baca juga: Bulog Ungkap RI Sekarang Susah Impor Beras karena Kalah Saing dengan Eropa

Hal itu diungkapkan Manager Humas dan Kelembagaan Perum Bulog, Tomi Wijaya di Kantor Pusat perusahaan pelat merah urusan logistik tersebut, Jumat (15/12/2023).

Tomi menjelaskan, Bulog saat ini tengah mendapatkan tambahan penugasan importasi beras dari pemerintah di akhir tahun 2023 sebanyak 1,5 juta ton.

Adapun dari total angka penugasan, Bulog sudah berhasil mendapatkan kontrak sebesar 1 juta ton. Yakni berasal dari berbagai negara seperti Thailand, Vietnam, Pakistan, Myanmar dan Kamboja.

Baca juga: Bulog Percepat Impor Beras Lewat Penambahan Pelabuhan Penerima

Sisanya yang sebesar 500 ribu ton akan diupayakan dari India.

"Sebenarnya India potensinya besar, cuma kan kemaren mereka menutup keran ekspornya. Makanya tidak impor dari India," ungkap Tomi.

Ia melanjutkan, Bulog tetap memiliki opsi lain jika India tidak mampu memenuhi kontrak impor 500 ribu ton. Adapun negara lain yang jadi opsi yakni Thailand dan Vietnam.

"Kalau India bisa (menyanggupi) sisa dari kontrak impor 500 ribu ton ini ya kenapa tidak? Walaupun Thailand dan Vietnam juga berpotensi," paparnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat