androidvodic.com

KCI Imbau Pemakaian Masker Bagi Pengguna KRL Jabodetabek saat Natal dan Tahun Baru 2024 - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Vice President Corporate Secretary KCI Anne Purba mengimbau bagi seluruh pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek, agar menggunakan masker pada saat melakukan perjalanan.

Hal tersebut sebagai upaya penerapan protokol kesehatan (Prokes) menyusul kenaikan virus Covid-19 dan menekan penyebaran sub varian EG.5 di Indonesia.

"Kami sudah mengumumkan baik di announcer stasiun KRL, kemudian di sosial media kami kepada pengguna. Kita imbau menggunakan masker ketika sedang flu, batuk dan yang lainnya kita giatkan lagi," kata Anne saat Konferensi Pers Natal dan Tahun Baru 2024, Rabu (20/12/2023).

Selain itu, Anne juga menegaskan bahwa fasilitas-fasilitas yang ada di setiap stasiun kembali ditingkatkan sebagai bentuk edukasi kebersihan.

"Dalam masa posko Nataru ini wastafel-wastafel ini kita aktifkan lagi supaya bisa mengedukasi untuk cuci tangan juga, kebersihan, kemudian penggunana masker akan terus diimbau sampai ada pemberitaan selanjutnya," jelas dia.

Di sisi lain, Anne juga menyampaikan bahwa penggunaan masker itu masih sebatas imbauan. Sebab belum ada regulasi pasti menyoal kewajiban pemakaian masker selama Nataru ini.

"Iya tapi kita imbau, masih imbauan. Karena untuk wajib masker kami harus tunggu aturan regulator dalam hal ini Kementerian Perhubungan," ungkapnya.

Untuk diketahui, selama masa Nataru ini KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 1.100 perjalanan Commuter Line Jabodetabek setiap harinya dengan jam operasional mulai pukul 04.00-24.00 WIB.

Dengan frekuensi perjalanan tersebut, kapasitas angkut pengguna Commuter Line Jabodetabek sebesar 2.141.340 orang per harinya.

Khusus di malam pergantian tahun, KAI Commuter juga merencanakan mengoperasikan perjalanan Commuter Line tambahan sebanyak 24 perjalanan di seluruh lintas.

Dipredikasi semala masa Nataru tahun ini volume pengguna Commuter Line Jabodetabek sebanyak 14,4 juta orang atau meningkat sebesar 8 persen jika dibanding tahun lalu yaitu sebanyak 13,3 juta orang.

Sementara itu untuk pelayanan Commuter Line Basoetta, pada masa Nataru KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 56 perjalanan dengan total kapasitas angkut sebanyak 1.008 orang setiap harinya.

Diprediksi total angka pengguna yang akan berpergian menuju bandara sepanjang angkutan Nataru adalah 90 ribu orang atau naik sebesar 26 persen dari tahun sebelumnya atau sejumlah 70 ribu orang.

Untuk Commuter Line Merak juga diprediksi akan naik 16 persen dari total volume pengguna sepanjang masa Nataru tahun lalu yaitu sebanyak 177 ribu orang.

Tahun ini dipredikasi total volume penggunanya sebanyak sekitar 202 ribu orang, dengan jumlah perjalanan sebanyak 14 perjalanan tiap harinya yang mana waktu operasionalnya dari pukul 05.05 WIB sampai 23.00 WIB.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat