androidvodic.com

BUMN Sektor Pertanian Kembali Raih Proper Emas dari Wapres Maruf Amin - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Pengelolaan lingkungan yang proper saat ini menjadi isu penting di sektor industri.

Proper mendorong setiap aktivitas bisnis tidak sekadar pemenuhan ketaatan terhadap peraturan lingkungan hidup, tapi juga menjadi platform bagi praktik bisnis berkelanjutan dengan menerapkan prinsip ekonomi hijau.

Itu sebabnya, untuk mengakselerasi adops tata kelola lingkungan yang proper, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI menyelenggaraan penghargaan Proper Emas.

Baca juga: Genjot Industri di Sumatera, Subholding Gas Pertamina Pasok Gas Bumi ke Pupuk Iskandar Muda

Proper sendiri merupakan singkatan dari Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan. Kriteria penilaian Perper sendiri setiap tahun kian kompleks mengikuti kebutuhan dan tuntutan zaman.

Untuk tahun ini, penyerahan penghargaan Proper Emas ke sektor usaha dilakukan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Jakarta, Rabu (20/12/2023).

Dari sejumlah perusahaan penerimanya satu diantaranya adalah BUMN di sektor pertanian dan agro industri, Petrokimia Gresik.

Ini merupakan penghargaan Proper Emas yang ketiga kalinya diterima BUMN anggota holding Pupuk Indonesia ini secara berturut-turut sejak 2021.

"Proper Emas ini memang yang tertinggi, tapi upaya pengelolaan lingkungan bukan berarti berhenti di titik ini," ungkap Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo dikutip Sabtu, 23 Desember 2023.

Dia menegaskan, komitmen ini harus terus ditingkatkan, karena semakin baik pengelolaan lingkungan hidup sebuah perusahaan, maka semakin banyak dampak positif yang bisa diberikan maupun didapatkan.

Untuk itu, setiap tahunnya BUMN ini berupaya meningkatkan kualitas pengelolaan lingkungan.

"Pencapaian Proper Emas ini menjadi bukti jika pengembangan perusahaan selaras dengan kelestarian lingkungan sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat," kata dia.

Program yang dijalankan Petrokimia Gresik yang juga mendukung upaya perusahaan meraih Proper Emas dari KLHK adalah program Community Development (Comdev) Lingkungan Peternakan Sapi Terintegrasi (Literasi) dipusatkan di Desa Sumbersari, Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Baca juga: Dukung Pasokan Pupuk Bersubsidi, Petrokimia Gresik Operasikan Warehouse & Bagging Command Center

Program yang bertransformasi menjadi Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) ini terbukti tidak hanya membawa kesejahteraan anggota dan berdampak positif bagi pelestarian lingkungan, tapi juga mampu memberikan manfaat dan menginspirasi stakeholder pertanian maupun peternakan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat