androidvodic.com

AP II: Penumpang Pesawat Periode Natal dan Tahun Baru 2024 Tembus 1,99 Juta Orang - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - PT Angkasa Pura II melaporkan, pergerakan penumpang di 20 bandara yang dikelola mencapai 1,99 juta orang sepanjang pelaksanaan angkutan Natal dan Tahun Baru 2024 atau pada 18 sampai 25 Desember 2023.

Plt. Direktur Utama AP II Wendo Asrul Rose mengatakan, jumlah tersebut meningkat sekitar 12 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 1,78 juta orang.

Wendo bilang, untuk pergerakan pesawat tercatat 14.120 penerbangan atau naik 2 persen dari sebelumnya 13.777 penerbangan.

Baca juga: 18.000 Penumpang Manfaatkan Penyeberangan Ajibata-Ambarita di Libur Natal dan Tahun Baru 2024

"Berkat kolaborasi yang baik di antara seluruh pihak, bandara-bandara AP II mampu melayani perjalanan masyarakat selama libur Natal dan Tahun Baru," kata Wendo, Selasa (26/12/2023).

"Dalam 8 hari pelaksanaan angkutan Nataru, bandara-bandara AP II secara kumulatif telah melayani nyaris 2 juta orang penumpang pesawat, tepatnya 1,99 juta orang," imbuhnya.

Wendo juga bilang, operasional dan pelayanan di 20 bandara yang dikelola berjalan dengan baik pada masa sibuk akhir tahun ini.

"Di tengah periode sibuk, operasional dan pelayanan tetap terjaga. Tingkat ketepatan waktu penerbangan atau on time performance dari maskapai di bandara-bandara AP II di atas 70 persen, dan tingkat keterisian penumpang atau load factor untuk setiap penerbangan rata-rata mencapai 81 persen," ucap dia.

Selain itu Wendo menambahkan, AP II turut mencatat puncak arus keberangkatan pertama yakni pada 22 Desember juga dapat ditangani dengan baik di seluruh bandara AP II.

"Pada puncak arus keberangkatan 22 Desember, pergerakan penumpang di 20 bandara AP II mendekati 290.000 orang," ujarnya.

Baca juga: Stasiun Pasar Senen Padat saat Kasus Covid-19 Naik, Masih Banyak Penumpang KA tak Pakai Masker

Terakhir, dia menegaskan bahwa penanganan yang baik juga dilakukan AP II terhadap kondisi ireguler, seperti Bandara Minangkabau di Padang yang sempat ditutup sebagai dampak dari erupsi Gunung Marapi.

"AP II berterima kasih kepada seluruh stakeholder dan juga masyarakat atas dukungannya sehingga operasional dan layanan di bandara-bandara AP II dapat berjalan dengan baik pada periode angkutan Nataru ini," terangnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat