androidvodic.com

Harga Bahan Pokok Terus Naik, Prediksi Pedagang Tren Akan Berlanjut Sampai Awal 2024 - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Harga bahan pokok di pasar seluruh Indonesia terpantau masih tinggi dengan kecenderungan terus naik terutama untuk bawang merah, bawang putih, daging ayam, hingga daging sapi.

Sekretaris Jenderal Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Reynaldi Sarijowan mengatakan, tren peningkatan ini sebenarnya telah terasa sebelum memasuki periode libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Pihaknya beberapa waktu lalu juga telah mewanti-wanti Pemerintah terkait adanya fenomena tersebut.

"Tren peningkatan harga kebutuhan bahan pokok ini sudah terasa sebelum memasuki Nataru Kami sudah menyampaikan kepada pemerintah untuk melakukan antisipasi menjelang Natal dan Tahun Baru," kata Reynaldi kepada Tribunnews, Selasa (26/12/2023).

Dia memperkirajan, tren peningkatan ini masih akan berlanjut hingga beberapa pekan ke depan mengingat rantai pasok-permintaan di masyarakat dinilai kurang seimbang.

Pemerintah khususnya Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan perlu menyiapkan upaya-upaya strategis.

"Terus sampai kapan? Ini yang harusnya pemerintah mewaspadai," papar Reynaldi.

"Karena tahun baru juga akan beelangsung kurang lebih 6 sampai 7 hari, tentu masyarakat kita akan menyiapkan hidangan-hidangan yang mewah bersama keluarganya, dan sudah pasti dua kali lipat permintaan yang ada di pasar itu akan terjadi," pungkasnya.

Mengutip Panel Harga Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas), rata-rata harga bawang merah per 24 Desember 2023 senilai Rp34.300 per kilogram (kg).

Baca juga: Harga Bawang Merah dan Bawang Putih di Pasar Tradisional Tangerang Selatan Merangkak Naik

Di pekan sebelumnya, pada 18 Desember 2023, harga bawang merah sebesar Rp32.840 per kg.

Kemudian, untuk harga komoditas bawang putih secara nasional dibanderol Rp37.250 per kilogram. Di pekan sebelumnya berada di level harga Rp36.730.

Sementara, harga komoditas daging sapi murni Rp135.030 per kg, pada pekan lalu dibanderol Rp134.320. Sementara harga daging ayam ras Rp35.130 per kg, pada pekan lalu dibanderol Rp34.510.

Baca juga: Harga Beras di Jabodetabek Melonjak jadi Rp18.450, Simak Update Bahan Pangan per 26 Desember

Namun, untuk harga komoditas lain seperti beras, telur,m ayam ras, hingga gula konsumsi harganya juga meningkat, namun relatif kecil.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat