androidvodic.com

Dirut KAI Ungkap Kemungkinan Layanan KRL Diperpanjang hingga Karawang - News

Laporan Wartawan News, Bambang Ismoyo

News, JAKARTA - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia atau KAI, Didiek Hartantyo angkat suara terkait kemungkinan layanan operasional Kereta Rel Listrik (KRL) atau Commuter Line yang akan diteruskan hingga Karawang, Jawa Barat.

Menurut Didiek, KAI saat ini siap mengikuti arahan Pemerintah jika ditugaskan untuk memperpanjang jalur atau rutenya hingga ke Karawang.

Baca juga: Jadwal Perjalanan KRL Jogja-Solo Ditambah selama Libur Natal dan Tahun Baru 2024, Ini Rinciannya

Dengan catatan, infrastruktur kelistrikan dalam hal ini penyediaan fasilitas Listrik Aliran Atas (LAA) sebagai sumber penggerak kereta telah terbangun.

"Infrastruktur itu urusannya pemerintah, makanya elektrifikasi itu kita mengikuti. Artinya kalau dibangun elektrifikasinya, pasti kita bangun KRL-nya," ungkap Didiek di Balai Yasa Manggarai, Jakarta, Kamis (28/12/2023).

Dalam kesempatan tersebut, ia turut menceritakan kondisi Rangkasbitung yang semula belum terbangun fasilitas LAA.

Dan seiring berjalannya waktu, setelah infrastruktur yang dimaksud terbangun, maka KRL rute Rangkasbitung pun terealisasi.

"Itu nanti Karawang kalau ada listriknya kita (KRL) sampai sana. Jangan lupa waktu ke Rangkasbitung dulu begitu," ucap Didiek.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) buka suara menyoal rencana memperpanjang jalur layanan Kereta Commuter Line (KRL) dari Jabodetabek hingga ke Karawang.

Direktorat Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal mengatakan, rencana itu memang ada namun perlu didiskusikan lebih lanjut.

Baca juga: Viral Video KRL di Bojonggede Keluarkan Percikan Api, Ini Penjelasan KAI

Menurutnya, perpanjangan jalur KRL Cmmuterline sampai Karawang memerlukan banyak pertimbangan.

Misalnya saja terkait dengan penyediaan fasilitas Listrik Aliran Atas (LAA) sebagai sumber penggerak kereta.

"Belum kami diskusikan seperti apa ke depannya KRL sampai Karawang, karena kita pasti akan bicara soal LAA-nya, keretanya, dan waktunya," ujar Risal Wasal usai menghadiri acara Jumpa Pers Tahunan Kemenhub 2023, Rabu (20/12/2023).

Di sisi lain, Risal menegaskan keterbatasan rangkaian kereta juga menjadi kendala untuk mewujudkan rencana memperpanjang jalur KRL Jabodetabek hingga ke Karawang.

"Karena semakin panjang, frekuensi makin tinggi dan ini juga kan keretanya masih terbatas," imbuhnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat