androidvodic.com

Targetkan Swasembada Gula, BUMN Perkebunan Didorong Tingkatkan Varietas Unggul - News

News, JAKARTA - Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo meminta kepada BUMN perkebunan agar terus meningkatkan varietas unggul.

Pria yang biasa disapa Tiko ini mengunjungi kebun tebu HGU Lumajang PTPN I Regional 4, pada Rabu (27/12/2023).

Ia juga menekankan BUMN mesti mendukung target mewujudkan percepatan swasembada gula nasional dan keberpihakannya kepada petani.

Baca juga: Jonathan DW Berikan Penyuluhan Ke Petani Tentang Peningkatan Kuantitas Dan Kualitas Hasil Panen Tebu

“Untuk mencapai itu semua, tentu perlu ada upaya khusus yang harus dijaga dari hulu hingga hilirnya,” ujar Tiko dalam keterangan persnya dikutip Kamis (28/12/2023).

Tiko mengatakan untuk menjaga kelangsungan ekonomi Indonesia, dibutuhkan effort khusus.

“Supaya kita bisa swasembada, kemudian juga mampu menghasilkan varietas bibit unggul, yang bisa menghasilkan domestic variety produktif di tanah Indonesia,” tambahnya.

Tiko menekankan agar ekosistem tersebut terus dijaga bersama, mulai dari pembibitannya hingga pengelolaan kebunnya.

Research and development mengenai produktivitas dan efisiensi, disiplin dalam mengelola kebun, pengelolaan keuangan dan komersial, maupun neraca perusahaan, harus menjadi satu kesatuan. Sehingga, nanti ke depannya PTPN bisa bangkit dari sisi produksinya,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur PTPN Group, Mohammad Abdul Ghani, menyampaikan pihaknya konsisten meningkatkan produktivitas untuk bisa kembali menorehkan sejarah.

“Maka kewajiban PTPN ke depan itu akan membangun inkubasi-inkubasi kepada masyarakat, melakukan pelatihan-pelatihan dan penyuluhan-penyuluhan. Kita akan menyiapkan itu untuk kembali memperbaiki tata kelola tebu rakyat,” ungkap Ghani.

Baca juga: Prabowo: Indonesia Tak Akan Impor BBM Lagi, Bakal Buat Bahan Bakar dari Jagung dan Tebu

Lebih lanjut Ghani menyampaikan,ke depan, selain memperbaiki areal HGU, PTPN Group juga terus berupaya melakukan perbaikan guna membantu para petani.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan kerjasama operasi (KSO) terkait kerja sama operasi Kebun Sei Meranti, Kebun Bukit Tujuh, dan Pabrik Kelapa Sawit Sei Meranti Milik PTPN III (Persero) dan pengelolaan kebun, Pabrik Kelapa Sawit dan Pabrik Pengolahan Inti Sawit Milik PT Perkebunan Nusantara I.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat