androidvodic.com

Bekali Ibu-ibu Soal Literasi Kesehatan Kewanitaan, Pegadaian Syariah Gelar RISALAH - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Unit Usaha Syariah PT Pegadaian mengadakan program RISALAH atau Roadshow: Ibu Sehat dan Sembako Keluarga Bersama Pegadaian.

Kepala Departemen Pemasaran dan Penjualan Unit Usaha Syariah Pegadaian, Triantoro, menjelaskan bahwa rangkaian program ini telah berjalan sejak akhir 2023 hingga awal 2024 ini, dalam rangka memperingati Hari Ibu.

"Program RISALAH pada dasarnya adalah rangkaian program Hari Ibu sekaligus program untuk kepedulian Unit Usaha Syariah PT Pegadaian yang saat ini sudah memasuki usia 21 tahun," katanya ketika ditemui di kantor Pegadaian Kanwil IX Jakarta, Senen, Jakarta Pusat, Senin (15/1/2024).

Baca juga: Beri Ruang Kreativitas, Pegadaian Syariah Gelar Writing & Video Competition 2024

Triantoro menjelaskan pada hari ini di Kanwil IX Jakarta merupakan rangkaian terakhir dari kegiatan RISALAH dan diikuti 100 orang yang terdiri dari ibu hamil dan lansia.

Ia mengatakan, titik tekan dari kegiatan hari ini adalah terkait dengan literasi kesehatan kewanitaan.

Selain itu, Pegadaian juga ingin mengedukasi masyarakat dengan produk-produk syariah yang mereka miliki.

"Kami sudah mengalami beberapa perubahan. Istilahnya bertranformasi dari yang sederhana (ke) berbagai macam rangkaian produk, tentunya sesuai dengan kebutuhan masyarakat," ujar Triantoro.

Ia pun berharap program RISALAH dapat membuat Pegadaian Syariah semakin dekat dengan masyarakat dan semakin memperkuat hubungan emosional yang ada.

Dalam kesempatan sama, Dr Safitri sebagai Vice Medical Manager Medical Pegadaian Klinik Pratama Pegadaian Permata mengungkapkan, ada berbagai macam kegiatan di RISALAH hari ini.

Kegiatan yang beragam tersebut berfokus pada kesehatan ibu, sebab menurut Safitri angka sakit pada ibu di Indonesia itu masih cukup tinggi.

"Kita melihat lagi bahwa untuk angka sakit pada ibu itu masih cukup tinggi (di) Indonesia seperti kanker payudara (dan) kanker leher rahim, itu masih sangat tinggi," ujarnya.

Dalam kegiatan RISALAH ini, Pegadaian juga memberi literasi kesehatan mengenai fungsi dari screening kesehatan yang lebih awal, sebab hal ini sangat penting bagi ibu-ibu.

Ia pun berharap melalui kegiatan ini, para ibu bisa lebih waspada lagi terutama untuk penyakit-penyakit yang sebenarnya bisa diketahui lebih awal.

Lalu, selain pembekalan literasi, RISALAH juga menyediakan layanan pemeriksaan untuk para ibu-ibu.

Layanan yang diberikan di antaranya pemeriksaan berat badan dan tinggi badan, juga pemeriksaan asam urat, kolesterol, serta gula darah.

"Kalau untuk ibu hamil, kita fokus periksa gula darah dan HB karena angka anemia pada ibu hamil di Indonesia masih tinggi," ujar Safitri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat