androidvodic.com

Aset Orang Terkaya Ukraina yang Disita Putin Akhirknya Akan Diakuisisi Perusahaan Rusia - News

News -- Rusia telah mengizinkan perusahaan dalam negeri Luchshee Reshenie mengakuisisi aset perusahaan batu bara milik konglomerat Ukraina, Rinat Akhmetov.

Kremin pada Kamis (25/1/2024) telah mengonfirmasi perusahaan saham gabungan 'Solusi Terbaik' akan mengakuisisi 100 persen saham Don Anthracite dan Obukhovsky Mine Management, yang berlokasi di Wilayah Rostov, dari Fabcell Limited yang berbasis di Siprus.

Rinat Akhmetov dikenal sebagai seorang oligarki Ukraina, ia dipercaya sebagai orang terkaya di Ukraina dengan kekayaan aset sekitar 5,7 miliar dolar AS atau sekitar Rp 90 triliun (kurs 15.800/dolar AS).

Baca juga: Rusia Sahkan UU Penyitaan Aset Orang Kaya Pendukung Rezim Ukraina: Mereka Berperilaku Seprti Nazi!

Perusahaan saham gabungan 'Solusi Terbaik' akan mengakuisisi 100% saham Don Anthracite dan Obukhovsky Mine Management, yang berlokasi di Wilayah Rostov, dari Fabcell Limited yang berbasis di Siprus.

Putin menandatangani penjualan tersebut berdasarkan keputusannya pada bulan Agustus 2022 tentang “penerapan langkah-langkah ekonomi khusus di sektor keuangan, bahan bakar, dan energi sehubungan dengan tindakan tidak ramah yang dilakukan oleh negara-negara asing tertentu dan organisasi internasional.”

Perusahaan induk energi Akhmetov, DTEK, awalnya membeli kedua perusahaan tersebut pada tahun 2012, seharga $39 juta. Namun, pada tahun 2021, DTEK mengumumkan bahwa mereka akan menjualnya untuk melunasi hutangnya kepada Bank Tabungan.

Menurut outlet Rusia Kommersant, Don Anthracite dan Obukhovsky Mine Management dijual pada Agustus 2021 ke Valleyton Investments yang berbasis di Siprus seharga $230 juta, sementara utang mereka diperkirakan hampir $447 juta.

Namun pada bulan September 2022, aset Akhmetov di Rusia disita karena “membiayai terorisme,” karena SCM Holding miliknya memberikan sejumlah besar uang kepada militer Ukraina.

Perusahaan lain yang berbasis di Siprus, Fabcell Limited, muncul pada saat itu sebagai pemilik sah kedua perusahaan pertambangan tersebut.

Pada Juni 2023, Fabcell menyerahkan administrasi Manajemen Tambang Don Anthracite dan Obukhovsky kepada SBK Premier, yang sebelumnya merupakan divisi dari Sberbank.

'Solusi Terbaik' didirikan sebagai perusahaan saham gabungan bisnis kecil pada November 2022, dan diakuisisi oleh Orion-1 Specialized Financial Company LLC pada Januari 2023, dilaporkan dipimpin oleh eksekutif senior Sberbank.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat