androidvodic.com

Bulog Tak Ikut Tanggung Jawab Beras Kemasannya Distikeri Pihak Ketiga karena Sudah Dilepas ke Pasar - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Perum Bulog menyatakan tidak ikut bertanggung jawab jika produk beras kemasannya yang sudah dijual ke pasar kemudian digunakan untuk kepentingan lain seperti munculnya stiker pasangan Capres-Cawapres Prabowo-Gibran di beras SPHP produksi Bulog yang dipasarkan ke masyarakat.

Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi mengatakan, ketika beras produksinya telah dipasarkan, pihaknya tidak bisa lagi mengatur akan digunakan untuk apa beras-beras kemasan tersebut oleh masyarakat.

"Ketika beras itu telah dipasarkan ke masyarakat, BULOG tidak bisa lagi mengatur penggunaan beras tersebut," tulis Bayu dalam unggahan akun Instagran Bulog, @perum.bulog, Jumat (26/1/2024).

Dia mengatakan, Bulog mengemas dan mendistribusikan beras kemasan untuk program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) dengan tanpa menyertakan atribut apapun kecuali atribut Bulog dan Badan Pangan Nasional.

Bayu menjelaskan SPHP merupakan program pemerintah melalui Badan Pangan Nasional. Di program ini, Bulog ditunjuk sebagai pelaksana.

SPHP digelar pemerintah sebagai upaya menjaga stabilitas harga beras.

Dalam pendistribusian beras SPHP, Bayu mengatakan BULOG bekerjasama dengan berbagai jaringan distributor hingga ke retail modern.

"(Hal itu) agar masyarakat mudah untuk mengakses beras tersebut, sehingga program stabilisasi harga beras dapat terlaksana secara masif dalam rangka menjaga stabilitas harga beras," ujar Bayu.

Baca juga: Heboh Beras Bulog Berstiker Prabowo-Gibran, Begini Reaksi Gibran: akan Saya Cari 

Sebelumnya, beredar kabar di media sosial X, foto beras keluaran Bilog dengan tempelan stiker calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo-Gibran berukuran cukup besar di kemasannya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tribun Solo, postingan itu muncul di media sosial X pada Rabu (23/1/2024), pukul 23.34 WIB.

Baca juga: TPN Ganjar-Mahfud Bakal Dalami Dugaan Politisasi Beras Bulog

Postingan tersebut diunggah akun X milik Jhon Sitorus @Midukj17.

Dalam postingan tersebut termuat gambar dan tulisan.

"Melanggar Konstitusi sudah
Melanggar aturan debat sudah
Melanggar netralitas aparat sudah
Melanggar integritas sebagai pejabat sudah

Sekarang pakai beras Bulog untuk kampanye juga

Ya, kabinet Jokowi sedang mengabdi utk Prabobro-Gibran

Labrak terus...selagi masih berkuasa"

Dalam postingan tersebut terdapat gambar beras dari Bulog dengan tempelan stiker Prabowo-Gibran.

Hingga Jum'at (26/1/2024), postingan tersebut diposting ulang oleh 12 ribu akun dan sudah dilihat 2,6 juta kali oleh netizen di media sosial.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat