androidvodic.com

Dukung Program Pemerintah, Industri Manufaktur Tingkatkan TKDN di Atas 40 Persen - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Abdul Qodir

News, JAKARTA -  Kemenperin memfasilitasi sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), untuk produk-produk yang telah memiliki nilai TKDN minimal 40 persen.

Para pelaku usaha yang memiliki kesadaran bahwa TKDN merupakan sertifikat yang wajib dimiliki, berlomba meningkatkan nilai TKDN produk atau jasanya, seperti dilakukan industri manufaktur.

Leny Ng, Chief Operating Officer Acer Indonesia selaku pelaku usaha sektor Information and Communication Technology (ICT) menyatakan industri manufaktur yang dikelolanya yakni Acer Manufacturing Indonesia berkomitmen mendukung industri nasional agar nilai TKDN komponen produknya di atas 40 persen.

"Saat ini kami mencapai BMP (Bobot Manfaat Perusahaan) dan TKDN dengan nilai lebih dari 40 persen, seperti laptop TKDN-nya 43,88 persen," ujarnya, Jumat (26/1/2024).

Dia meyakinkan, setelah 12 tahun fasilitas produksinya berdiri, pihaknya akan terus meningkatkan nilai TKDN untuk setiap produknya.

Sebelumnya, Kemenperin telah menerbitkan Permenperin Nomor 46 Tahun 2022 tentang Ketentuan dan Tata Cara Penghitungan Nilai TKDN untuk Industri Kecil.

Baca juga: TKDN Wuling Binguo EV 47,5 Persen, Hasil Verifikasi Surveyor Indonesia

Aturan ini untuk mempercepat sertifikasi TKDN dan bentuk dukungan terhadap amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan melaksanakan arahan Presiden melalui Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri Dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, Dan Koperasi Dalam Rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat