androidvodic.com

ASDP Pastikan Kesiapan Kapal dan Pelabuhan Jelang Long Weekend - News

News – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memastikan kesiapan sarana dan prasarana baik kapal penyeberangan dan Pelabuhan selama libur panjang Isra’ Mi’raj pada Kamis (8/2/2024) dan Tahun Baru Imlek pada Sabtu (10/2/2024).

“Libur peringatan Isra’ Mi’raj yang dilanjutkan cuti bersama menyambut Tahun Baru Imlek berpotensi mendorong masyarakat untuk melakukan perjalanan liburan termasuk melalui jalur darat dan naik kapal ferry, khususnya di wilayah tujuan wisata di Jawa, Sumatera dan Bali," ujar Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin, dikutip dari laman resmi ASDP.

Shelvy menambahkan pihaknya juga telah menyiapkan berbagai fasilitas penunjang mulai dari pusat perbelanjaan di terminal eksekutif Merak-Bakauheni yang dilengkapi dengan tenant restoran, pakaian, mini market, musholla, toilet, dan mesin atm.

Selain itu, dengan hadirnya jembatan penyeberangan orang (JPO) atau yang dikenal dengan access bridge di Pelabuhan Merak juga dinilai akan sangat bermanfaat bagi pengguna.

“JPO menghubungkan terminal eksekutif dan reguler sepanjang 441 meter.”

“Selain memudahkan mobilisasi pengguna jasa dari terminal eksekutif ke reguler dan sebaliknya, JPO juga berperan penting dalam menjaga keamanan dan keselamatan pengguna jasa dengan memisahkan jalur antara pejalan kaki dan kendaraan,” kata Shelvy.

ASDP juga menyediakan sejumlah fasilitas di kapal ekspresnya meliputi kasur, kantin, area bermain anak, musholla, klinik, ruang laktasi, hingga toilet khusus bagi difabel untuk memberikan kenyamanan tambahan bagi para pengguna jasa.

Pembatasan Kendaraan

Dirjen Perhubungan Darat juga akan melakukan pembatasan kendaraan angkutan barang, termasuk di Pelabuhan Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk, dan Jangkar-Lembar pada long weekend kali ini.

Hal itu merujuk pada Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan serta Penyeberangan Selama Masa Libur Panjang Memperingati Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW Dan Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili Tahun 2024 pada tanggal 24 Januari 2024.

“Pembatasa kendaraan angkutan barang dilakukan pada mobil barang dengan berat lebih dari 14 ton, mobil barang dengan sumbu 3 atau lebih.”

Baca juga: Rincian Tarif Penyeberangan Merak-Bakauheni, Berlaku Mulai 1 Februari 2024

“Kemudian mobil barang dengan kereta tempelan, kereta gandengan, serta mobil barang yang mengangkut hasil galian, hasil tambang dan bahan bangunan,” kata Dirjen Darat Hendro Sugiarto.

Di samping adanya pembatasan kendaraan angkutan barang, Dirjen Hendro memaparkan dalam SKB tersebut juga mengatur operasional pada angkutan penyeberangan.

Pengaturan di Penyeberangan Ketapang, Gilimanuk, Jangkar, dan Lembar:

  • Lintas Penyeberangan Ketapang - Gilimanuk

Mulai Rabu, (7/2/2024) sampai Minggu, (11/2/2024) akan diprioritaskan untuk sepeda motor, mobil penumpang dan Mobil Bus, sedangkan untuk mobil barang tidak menjadi prioritas.

  • Lintas Penyeberangan Jangkar - Lembar

Kendaraan bermotor yang akan melalui Pelabuhan Jangkar ataupun Pelabuhan Lembar adalah kendaraan bermotor dengan daya angkut maksimal 40 Ton.

  • Sedangkan, pemanfaatan Dermaga Bulusan akan dilakukan opsional tergantung pada kondisi di lapangan.

Sumber (https://www.asdp.id/siaran-pers/antisipasi-long-weekend-peringatan-isra-miraj-dan-tahun-baru-imlek-asdp-pastikan-kesiapan-kapal-dan-pelabuhan)

(News/Mikael Dafit)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat