androidvodic.com

KAI Siapkan Rekayasa Pola Operasi Atasi Lonjakan Penumpang di Stasiun Ancol dan Palmerah - News

Laporan Wartawan News, Dennis Destryawan

News, JAKARTA - KAI Commuter mengantisipasi lonjakan pengguna Commuter Line Jabodetabek di Stasiun-stasiun sekitar pusat kegiatan Kampanye Akbar.

Jika diperlukan KAI Commuter akan melakukan rekayasa pengaturan pola operasi perjalanan KRL mengikuti situasi di lintas.

Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menreangkan, selain itu, KAI Commuter melakukan penambahan personel pengamanan dari internal dan unsur TNI/POLRI di stasiun-stasiun sekitar pusat kegiatan tersebut seperti Stasiun Ancol dan Stasiun Palmerah. KAI Commuter juga menyiagakan menyiagakan mobil Rescue dan mobil ambulans serta tenaga medis untuk dukungan layanan.

Baca juga: Ganjar Kirab di Solo Naik Gerobak Sapi Pagi Ini, Bagaimana Kampanye Akbar Anies dan Prabowo?

"KAI Commuter juga akan memberlakukan sistem buka tutup antrean pengguna yang akan masuk ke area peron stasiun jika keadaan sudah ramai, terutama pada stasiun transit Kampungbandan sebagai stasiun transit untuk menuju Stasiun Ancol," ujar Anne di Jakarta, Sabtu (10/2/2024).

Anne menambahkan, KAI Commuter juga akan menyiagakan petugas-petugas pelayanan untuk membantu pelayanan di stasiun-stasiun tersebut. Pada pelayanan operasional perjalanan Commuter Line hari ini mengoperasikan sebanyak 1.037 perjalanan, KAI Commuter juga akan terus memantau dan melakukan antisipasi dengan melakukan rekayasa pola operasi secara situasional sesuai dengan kondisi di lintas.

"Dari pantauan di lapangan, KAI Commuter mencatat peningkatan yang cukup signifikan pada jumlah pengguna yang turun di Stasiun Ancol dan Palmerah pada pagi hari ini. Hingga pukul 08.30 WIB, tercatat sebanyak 3.170 orang yang turun di stasiun Ancol, yang rata-rata hanya sebanyak 350 orang pada pagi hari," kata Anne.

Baca juga: Haidar Alwi Optimis Prabowo-Gibran Menang, Begini Hasil 5 Survei Terbaru

Sementara itu di Stasiun Palmerah hingga waktu yang sama tercatat sebanyak 7.299 orang yang turun di stasiun tersebut. Angka tersebut juga mengalami kenaikan jika dibanding dengan pengguna yang keluar di Stasiun Palmerah pada pagi hari di hari libur yaitu rata-rata sebanyak 4.500 orang.

PT KCI mengimbau kepada seluruh pengguna Commuter Line untuk tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan, selalu ikuti arahan dan instruksi dari petugas di stasiun.

Baca juga: Hajatan Rakyat Ganjar-Mahfud di Solo dan Semarak Kirab Budaya, Ada Gerobak Sapi hingga Reog

"Bagi pengguna yang membawa anak, pastikan anak-anak selalu dalam pengawasan selama dalam perjalanan. Bagi pengguna yang menunggu di area peron, selalu dahulukan pengguna yang akan keluar, serta berdiri tidak melewati garis aman dan menghalangi pengguna yang akan keluar dari dalam commuterline," imbuh Anne.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat