androidvodic.com

Kebijakan HET Mencekik Pedagang Beras Eceran, Jual Rugi Hingga Mengoplos - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Pemerintah telah menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) beras premium sebesar Rp 13.900 per kilogram. HET ini berlaku untuk Zona 1 meliputi Jawa, Lampung, Sumsel, Bali, NTB, dan Sulawesi.

Di satu sisi, stok beras premium di pasar tradisional mulai langka. Sejalan dengan itu, harga beras premium pun mengalami kenaikan hingga Rp 16.800 per liter.

Juna, seorang pedangan beras eceran di Pasar Kramatjati mengaku tercekik akibat kebijakan HET ditengah naiknya harga beras premium. Pasalnya, selama tiga bulan ini Juna terus merugi bahkan hingga Rp 7 juta dalam satu bulan.

Baca juga: Harga Beras Premium Meroket, Hari Ini Dibanderol Rp 15.870 per Kg

Sebab, beras premium yang saat ini harganya sudah melampaui HET itu tetap dijual murah atau sebesar Rp 13.000 sampai Rp 13.500 per liter.

Meski begitu, Juna mengaku tidak bisa menaikkan harga beras premium diatas HET lantaran kerap kali ada operasi pasar.

"Ada yang mantau sering. Kayak operasi gitu sering. Aturan HET itu kan yang kena pedagang kecil, pedagang langsung," kata Juna saat ditemui Tribunnews, di Pasar Kramatjati, Minggu (11/2/2024).

Untuk menyiasatinya, Juna pun mengoplos beras premium jenis pandan wangi atau BMW AA3 pulen yang memiliki harga Rp 17.100 per liter dengan beras Bulog yang harganya Rp 15.200 per liter.

Sehingga, beras yang dia jual di tokonya untuk jenis beras BMW AA3 pulen sebesar Rp 15.000. Juna mengaku, oplosan beras itu untuk mengambil keuntungan yang jumlahnya tidak banyak.

"Kayak pandan wangi contohnya, BMW AA3 per liter Rp 17.100 kalo kita jual Rp 15.000 enggak ada untung. Paling Rp 300 perak, kita oplos dengan beras yang harga Rp 15.000 Bulog, kalau kita enggak oplos enggak dapet apa-apa," jelas dia.

Sejalan dengan hal tersebut, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) meminta Pemerintah merelaksasi kebijakan Harga Eceran Tertinggi (HET) sejumlah bahan pokok untuk sementara waktu.

Baca juga: Cegah Kelangkaan dan Kenaikan Harga Bahan Pokok, Peritel Minta Relaksasi HET Beras

Bahan pokok yang dimaksud di antaranya beras, gula, minyak goreng, dan beberapa komoditas lainnya yang berpotensi mengalami kenaikan harga di Februari ini.

Ketua Umum Aprindo Roy Mandey meminta adanyan relaksasi HET hingga periode tertentu, selama kebijakannya masih dikaji dan belum adanya keputusan untuk melakukan perubahan HET & Harga Acuan melalui Rakortas.

Menurut dia, relaksasi HET ini bisa mencegah kekosongan atau kelangkaan atas bahan pokok di gerai-gerai ritel modern di Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat