androidvodic.com

Chairman dan Presiden Daihatsu Jepang Mundur Gara-gara Skandal Pemalsuan Data - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO - Akhirnya Chairman dan Presiden Daihatsu Jepang hari ini (13/2/2024) diumumkan akan mundur gara-gara skandal pemalsuan data dan atau penipuan skala besar dalam 174 kasus mobil Daihatsu yang terungkap di akhir tahun lalu.

"Presiden terpilih Daihatsu Masahiro Inoue akan menggantikan Presiden lama Soichiro Okudaira yang akan pensiun mulai 1 Maret mendatang," papar Presiden Toyota Motor Corporation induk perusahaan Daihatsu, Koji Sato dalam jumpa persnya Selasa ini (13/2/2024).

Sedangkan Chairman Daihatsu, Sunao Matsubayashi, akan segera mengundurkan diri pula namun tidak akan digantikan oleh siapa pun. Jabatan Chairman akan kosong nantinya.

Baca juga: Penjualan Daihatsu Naik 2,9 Persen Sepanjang 2023, Sigra Terkirim ke 63.285 Pelanggan

Kompilasi langkah-langkah untuk mencegah terulangnya tes sertifikasi palsu dan pembentukan struktur manajemen baru, rekonstruksi Daihatsu Motor Co., Ltd. untuk memulihkan kepercayaan akan dimulai dengan sungguh-sungguh, tambah Sato lagi.

"Penting untuk mereformasi konstitusi Daihatsu, yang melakukan kegiatan penipuan, tetapi yang lebih penting adalah meningkatkan efektivitas reformasi ini dengan rasa kepemilikan dari pihak Toyota, yang merupakan perusahaan induk Toyota Motor Corporation, yang akan menentukan keberhasilan atau kegagalan rekonstruksi."

"Ini bukan tentang percakapan darurat, ini tentang bagaimana memperkaya percakapan di waktu normal," tekan Sato lagi.

Pada konferensi pers yang mengumumkan struktur manajemen baru Daihatsu, Presiden Toyota Koji Sato berbicara tentang hubungannya dengan Presiden terpilih Daihatsu Masahiro Inoue.

Salah satu langkah untuk mencegah terulangnya penipuan yang diumumkan oleh Daihatsu adalah "komunikasi jujur yang berkelanjutan antara manajemen puncak Toyota dan bawahannya."

Di sisi lain, meskipun seorang mantan karyawan Toyota mengambil alih kemudi manajemen dan berkolaborasi dalam pekerjaan pengembangan, tidak ada kelemahan sebenarnya dalam pertukaran "perasaan sebenarnya" antara kedua perusahaan.

Tekanan berlebihan pada situs pengembangan kendaraan yang berada di balik kegiatan penipuan Daihatsu dan budaya perusahaan "tidak ada yang bisa mengatakan apa pun di atasnya" tidak dapat didiskusikan tanpa menyebutkan kehadiran Toyota, yang telah mengirim eksekutif puncak berturut-turut dan telah menempatkan Daihatsu bertanggung jawab atas pengembangan mobil kompak Toyota.

Baca juga: Kemendag Klaim Produksi Daihatsu di Indonesia Sudah Aman dan Ikuti Regulasi RI

Karena hubungan kekuasaan antara perusahaan induk Toyota dan anak perusahaannya, Daihatsu, tampaknya mudah untuk ragu-ragu. Referensi Sato untuk "percakapan di masa damai" menunjukkan niat Toyota untuk mengubah hubungan dan mengubah jarak antara kedua perusahaan, di mana alumni Toyota "tidak dapat menyerap ketegangan ekspansi cepat Daihatsu" .

"Perlu bagi Toyota untuk memperluas dialog yang sering antara dua eksekutif puncak ke tingkat perusahaan," tekan Sato lagi.

Presiden terpilih Inoue juga menyatakan bahwa "kami pasti akan merevitalisasi perusahaan dengan bantuan Toyota." Tetapi seorang pejabat Toyota mengatakan, "Daihatsu tidak dapat berubah sendiri, jadi kami tidak punya pilihan selain mengambil inisiatif dalam menentukan struktur."

Chairman Toyota, Akio Toyoda belum lama ini mengagetkan kalangan industri mobil Jepang dengan meminta maaf atas skandal Daihatsu.

"Saya melakukan sesuatu yang seharusnya tidak pernah saya lakukan, yaitu mengirimkan produk kepada pelanggan yang seharusnya tidak saya jual," Akio Toyoda mengadakan konferensi pers darurat di Nagoya pada tanggal 30 Januari lalu. Dia meminta maaf atas serangkaian masalah penipuan di perusahaan Toyota Group.

Toyota, mengumumkan pada tanggal 29 Januari bahwa penipuan dikonfirmasi pada mesin mobil, mengikuti mesin untuk forklift dan mesin konstruksi. Pada akhir tahun lalu, anak perusahaan Daihatsu Motor Co., Ltd. ditemukan telah melakukan penipuan skala besar dalam 174 kasus dari 64 model, termasuk model yang dihentikan.

Pada Maret 2022, perusahaan mobil Jepang lain, Hino Motors terjadi pemalsuan data pula pada anak perusahaannya terkait dengan uji sertifikasi mesin.

Sementara itu bagi para UKM Handicraft dan pecinta Jepang yang mau berpameran di Tokyo dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: info@sekolah.biz Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsappnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat