androidvodic.com

Agar Sesuai Kebutuhan, Ini Rekomendasi Produk Reksa Dana untuk Kumpulkan Dana Pendidikan Anak - News

News - Bagi setiap orang tua yang telah memiliki anak usia sekolah, anggaran pendidikan menjadi hal yang penting untuk disiapkan. Khususnya saat mendekati tahun ajaran baru, para orang tua wajib telah memiliki dana pendidikan agar anak bisa memasuki jenjang edukasi yang diinginkannya.

Mengetahui hal tersebut, selaku orang tua tentu harus bisa menyiapkan dana pendidikan anak ini sedini mungkin. Selain itu, agar bisa terkumpul secara optimal, tidak ada salahnya untuk menyimpan dana tersebut pada instrumen investasi. Salah satu contohnya pada produk reksa dana.

Reksa dana sendiri memiliki berbagai jenis produk yang memiliki keuntungan dan kekurangan tersendiri serta perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan investasi. Nah, agar tak salah memilih layanan, simak penjelasan tentang keuntungan investasi reksa dana dan rekomendasi produknya untuk mengumpulkan dana pendidikan berikut ini.

Keuntungan Investasi Reksa Dana

Sebagai sarana untuk mengumpulkan dana pendidikan anak, tentu ada beragam keuntungan jika memilih instrumen reksa dana. Tergantung dari kebutuhan, Anda bisa lebih mudah menyesuaikan tingkat risiko investasi guna memaksimalkan peluang keuntungannya. Tentunya, semakin tinggi risikonya, potensi return reksa dana juga akan menjadi lebih besar.

Misalnya, jika rencana penggunaan dana pendidikan anak adalah tahun depan, usahakan untuk memilih produk reksa dana berisiko rendah seperti reksa dana pasar uang. Sebaliknya, jika rencana investasi adalah untuk jangka panjang, artinya produk berisiko tinggi, sebagai contoh, reksa dana saham lebih pas dijadikan pilihan.

Selain jangka waktu investasi, Anda juga perlu menyesuaikan jenis produk reksa dana yang dipilih dengan profil risiko. Secara umum, terdapat 3 jenis profil risiko yang dimiliki oleh investor, yaitu konservatif atau risiko rendah, moderat atau risiko sedang, dan agresif atau risiko tinggi. Baik jangka waktu investasi dan profil risiko sama-sama memegang pengaruh penting terhadap potensi keberhasilan investasi reksa dana yang dilakukan oleh investor.

Rekomendasi Produk Reksa Dana untuk Kumpulkan Dana Pendidikan Anak

Lantas, produk reksa dana apa yang terbaik untuk dipilih sebagai sarana mengumpulkan dana pendidikan anak? Tergantung dari profil risiko dan jangka waktu investasi, berikut adalah 4 rekomendasi produk reksa dana untuk mengumpulkan dana pendidikan anak.

- Reksa Dana Saham

Jika Anda mencari jenis reksa dana yang mampu memberi peluang keuntungan paling besar, reksa dana saham selalu bisa dijadikan pilihan. Dibanding dengan jenis lainnya, reksa dana saham memang mempunyai potensi imbal hasil atau return paling menjanjikan. Namun, tingkat risikonya juga menjadi yang tertinggi.

Dengan karakteristiknya tersebut, reksa dana saham ideal dipilih oleh investor dengan profil risiko agresif dan mempunyai tujuan investasi jangka panjang. Jadi, dalam konteks mengumpulkan dana pendidikan, pilih produk ini jika berencana untuk menyiapkan biaya sekolah jenjang SMA dan universitas yang bakal ditempuh paling tidak 5 tahun mendatang.

- Reksa Dana Campuran

Risikonya relatif lebih rendah dibanding reksa dana saham, reksa dana campuran cocok dipilih jika Anda belum mampu menoleransi fluktuasi yang terlampau ekstrem. Sesuai namanya, reksa dana jenis ini berisikan beragam jenis instrumen investasi guna mengoptimalkan tingkat risiko dengan keuntungannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat