androidvodic.com

Ada Isu Transisi Energi, Pengusaha Bilang Investasi Jumbo Sektor Hulu Migas Perlu Digenjot - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Pengusaha migas yang tergabung dalam Indonesian Petroleum Association (IPA) mengungkapkan, realisasi investasi di sektor hulu migas tahun 2024 perlu didongkrak seiring masih tingginya permintaan.

Direktur Eksekutif IPA Marjolijn Wajong menjelaskan, industri migas masih dibutuhkan di tahun-tahun mendatang meskipun saat ini muncul isu transisi energi.

Menurut Marjolijn, dalam setiap pertumbuhan ekonomi, energi menjadi salah satu faktor penentu.

Untuk itu, dalam memenuhi kebutuhan energi dan menjaga ketahanan energi, investasi migas masih sangat dibutuhkan.

Salah satu upaya yang dilakukan IPA adalah menggelar Konvensi dan Pameran tahunan yaitu IPA Convention & Exhibition (IPA Convex).

Diharapkan, penyelenggaraan IPA Convex dapat semakin menarik minat investor global migas ke Indonesia dan mendukung target pemerintah untuk memenuhi kebutuhan energi di era transisi energi saat ini.

Diketahui pada 2024, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) menetapkan target investasi sekitar 17,7 miliar dolar AS.

"IPA Convex 2024 nantinya akan mengundang pemangku kepentingan sektor migas di Indonesia, serta praktisi-praktisi yang secara riil menavigasi perusahaannya di tengah tantangan dan potensi sektor migas Tanah Air," ungkap Marjolijn dalam keterangannya, Jumat (23/2/2024).

"Konvensi ini akan mewadahi diskusi lintas isu sebagai masukan bagi pemerintah untuk memaksimalkan sektor migas dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Harapannya, Indonesia dapat bermanuver di tengah isu transisi energi melalui penciptaan iklim investasi yang menarik," sambungnya.

Baca juga: Diteken, Investasi Dekarbonisasi di Industri Migas Senilai 2 Miliar Dolar AS

Tahun ini, IPA Convex diadakan pada 14-16 Mei 2024 mendatang di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, dan menunjuk PT Dyandra Promosindo sebagai event organizer.

Wakil Ketua IPA Convex 2024, Leony Lervyn menyebutkan, tema yang diangkat pada penyelenggaraan IPA Convex tahun ini adalah 'Gaining Momentum to Advance Sustainable Energy Security in Indonesia and the Region'.

IPA Convex 2024 akan dibuka oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif pada 14 Mei 2024 mendatang.

Baca juga: Diplomat Iklim Khawatirkan Pengaruh Industri Migas pada COP28

Bersamaan dengan event ini akan diselengggarakan juga kegiatan lain seperti CEO Forum, Plenary Sessions, Technology Session, Technical Program (TPC), Pameran, Youth Program dan The Energy Night.

"Kami ada beberapa program yang melibatkan generasi muda seperti IPA Goes to Campus pada saat pre event dan Students meet CEO pada saat acara IPA Convex 2024 digelar," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat