androidvodic.com

Momen Wamendag Jerry Sambuaga Lepas Sepatu di Atas Panggung, Pamer Pakai Buatan Lokal - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Ada momen menarik ketika Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menyampaikan sambutan di acara Penganugerahan Good Design Indonesia (GDI) 2023, Senin (26/2/2024).

Saat itu, Jerry sedang berbicara bagaimana dirinya selalu memakai produk lokal ketika bekerja. 

Menurut dia, ini merupakan salah satu upaya keberpihakan pemerintah kepada produk dalam negeri.

Baca juga: Sambut Imlek 2024, JNE Dukung Produk Lokal

"Saya selalu sampaikan ke teman-teman ya, apa yang saya pakai, apa yang saya kenakan setiap hari itu adalah produk-produk lokal karena kita sangat bangga dengan produk lokal. Kita memajukan produk lokal, khususnya produk UMKM, dan ini adalah salah satu bukti keberpihakan pemerintah kepada produk-produk lokal supaya semakin berjaya dan ke depan bisa ekspor," katanya di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin ini.

Ia menggunakan pakaian serba produk dalam negeri ini bukan karena ingin memberi sambutan dalam acara ini saja. Namun, setiap harinya selalu berbusana demikian.

Politikus Partai Golkar itu pun menunjukkan beberapa hal yang ia pakai serba produk dalam negeri.

"Jam tangan saya ini produk lokal dari Jawa Barat. Enggak cuma jam tangan, ini kaca mata yang saya pakai ini produk lokal 100 persen made in Indonesia dari Bali," ujar Jerry,

Ketika menjelaskan soal bajunya, ia sempat berkelakar mengenai warnanya. Kala itu, Jerry sedang mengenakan baju kuning, warna yang identik dengan Golkar.

"Baju saya ini buatan dari kampung saya di Minahasa, Sulawesi Utara. Ini warnanya kuning menunjukkan sebuah kemakmuran. Kuning (menandakan) kemakmuran dan kejayaan," kata Jerry diikuti gelak tawa dari audiens.

Dia juga menyebutkan bahwa celana yang dipakai merupakan 100 persen dibuat di dalam negeri, tetapi tak bisa ia kasih tunjuk mereknya.

Ketika memberi tahu soal sepatu yang ia kenakan juga merupakan produk dalam negeri, Jerry sampai melepas sepatu dari kaki kirinya, lalu mengangkat tinggi dan menunjukkannya kepada audiens.

"Sepatu yang saya pakai, benar ini enggak bohong, kalau saya copot ini, ini ada nama saya. Sesuai nama saya, Jerry Sambuaga," ujar Jerry sambil melepas sepatunya, lalu menunjukkannya kepada audiens.

Ia kemudian mengatakan, boleh busananya dari atas sampai bawah merupakan produk lokal, tetapi wawasannya tetap global.

"Ini yang kita dorong, coba kita pastikan kepada anak bangsa, terutama pelaku usaha, supaya memastikan bagaimana produk-produk kita bisa berjaya di internasional," pungkas Jerry.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat