androidvodic.com

RI Bakal Jadi Raksasa Ekonomi Digital di ASEAN, Erick Thohir: Infrastruktur Digital Jadi Kunci - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut, Indonesia bakal menjadi raksasa ekonomi digital di kawasan Asia Tenggara atau Asean, tepatnya pada 2030.

Menurutnya, hal tersebut bakal tercapai apabila pembangunan infrastuktur digital dapat berjalan mulus.

Diketahui, salah satu infrastruktur digital yang telah dibangun adalah Bitera, data center yang berlokasi di area Kuningan, Jakarta.

Baca juga: Kursi Komisaris BUMN Banyak Kosong, Erick Thohir: Belum Ada List Calon Pengganti

"Kami terus mendorong pembangunan ekosistem ekonomi digital di Indonesia, termasuk data center. Bitera menjadi salah satu infrastruktur data center buatan anak bangsa yang memiliki tingkat keamanan kelas dunia," ucap Erick dalam media sosial pribadinya, Selasa (27/2/2024).

"Data center akan menjadi salah satu penopang transformasi digital Indonesia untuk menjadi yang terbesar di Asia Tenggara," sambungnya.

Menurut Erick, pembangunan infrastruktur harus segera dilakukan sejalan dengan perkembangan kemajuan ekonomi digital.

Seperti halnya perkembangan ekonomi di sebuah negara yang harus sejalan dengan pembangunan infrastrukturnya.

"Tentu belajar dari apa yang kita alami hari ini ketika pertumbuhan ekonomi kita tinggi, lalu juga daya beli tinggi," papar Erick.

Baca juga: Masuk Bisnis Data Center, Telkom Klaim Beda dari Perusahaan Lain

"Sehingga juga orang memakai banyak kendaraan akhirnya kita membangun infrastrukturnya telat. Baru jaman Pak Jokowi saja beliau membuat banyak terobosan," lanjutnya.

Mengutip Grid, pada Januari 2024, Bitera telah menyelesaikan dengan baik commissioning test tingkat 5, dikenal sebagai Integrated Systems Testing (IST), yang dilakukan oleh Commissioning Agents Inc. (CAI), sebuah agen commissioning data center terkemuka yang berbasis di Amerika Serikat.

Bitera telah melayani klien pertamanya di bulan yang sama dan akan mengadakan grand launching pada akhir Februari 2024.

Dengan status fasilitas Tier-III+, Bitera memberikan jaminan keandalan dan keamanan tinggi, disertai dengan fasilitas mewah dan premium seperti ruang rapat, ruang kantor, dan lounges untuk klien.

Bitera telah memperoleh sertifikasi ISO 27001, Uptime Institute TCCD, dan akan mendapatkan sertifikasi TCCF pada akhir Februari 2024.

"Infrastruktur digital seperti Data Center ini bisa disiapkan jauh sebelum pertumbuhan ini terjadi, nah ini yang saya rasa perlu terus ditingkatkan investasi dari data senter ini terutama yang memang sesuai dengan pertumbuhan ekonomi di masing-masing provinsi ataupun kota," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat