androidvodic.com

Menko Airlangga Tinjau Simulasi Perdana Program Makan Siang Gratis di SMPN 2 Curug - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, TANGERANG - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau simulasi makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang.

Makan siang gratis merupakan salah satu program unggulan dari pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Airlangga yang turut didampingi oleh Ahmed Zaki, Bupati Tangerang 2013-2023 yang juga politikus Partai Golkar, melihat simulasi untuk makan siang gratis dengan biaya Rp 15 ribu per porsi.

Baca juga: Bantahan Jokowi usai Diisukan Bahas Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran di Sidang Kabinet

"Tadi sudah bisa dilihat di kelas-kelas dan ini salah satu sekolah yang volunteer menyiapkan makanan untuk anak-anak," kata Airlangga di lokasi, Kamis (29/2/2024).

Dalam peninjauan ini, Airlangga mengatakan kalau di masing-masing kelas, sudah disediakan dispenser untuk mengisi ulang minum para siswa.

"Jadi saya lihat di kelas udah ada bottle dispenser. Kemudian para siswa itu membawa tumblr dan juga kotak makan, di mana kotak makan itu diisi di kantin sini dengan berbagai menu," ujar Airlangga.

Menurut Ketua Umum Partai Golkar itu, jenis makanan yang disediakan mempunyai gizi yang cukup dalam bentuk kalori maupun protein.

Airlangga mengatakan, di simulasi ini dapat terlihat bagaimana program makan siang gratis bisa dilaksanakan di sekolah.

Program makan siang gratis ini disebut juga melibatkan UMKM, serta menu gizi makanannya terjaga dan higienis.

SMP Negeri 2 Curug dipilih karena sekolah ini, kata Airlangga, mengajukan diri alias menjadi volunteer untuk simulasi perdana makan siang gratis ini.

Baca juga: Sederet Kritik atas Kabinet Jokowi yang Bahas Program Makan Siang Gratis

"Karena ini volunteer, siapa yang mau duluan. Kami pemerintah membuka model siapa yang ingin membuat volunteer ini," tutur Airlangga.

Sebagai informasi, anggaran untuk program makan siang gratis untuk anak sekolah seperti yang digagas capres-cawapres Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming senilai Rp 15.000 per anak.

Menurut Airlangga, harga Rp 15.000 itu di luar dari program susu gratis yang akan dibagikan anak-anak.

"Per anak kira-kira Rp 15.000. Itu kan bisa dibuat macam-macam. Nanti akan ada pembahasan. Di luar susu," kata Airlangga kepada wartawan di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (26/2/2024).

Selain itu, Menko Airlangga menyebut pemberian menu makan siang gratis ini akan disesuaikan dengan daerah masing-masing. "(Menunya) nah itu nanti dilepaskan ke daerah masing-masing, tidak menyeragamkan," jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat