androidvodic.com

20 Produk Printer Epson Indonesia Tersertifikasi TKDN - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, MALANG - Epson Indonesia bertekad meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk setiap produk perangkat keras yang dipasarkan di Indonesia.

Head of Brand & Communication Marketing Department Epson Indonesia Nolly Dhanurendra mengatakan, Epson memiliki lebih dari 20 produk yang telah tersertifikasi TKDN.

Beberapa produk Epson yang sudah mengantongi TKDN antara lain scanner DS-1630 dan printer M15180 yang diproduksi di Indonesia untuk pasar lokal dan diekspor.

Manajemen memastikan, kedepannya Epson akan terus menghadirkan inovasi atau produk-produk yang memiliki TKDN tinggi, namun tetap tersertifikat dan berkualitas baik.

"Kita ingin menunjukkan bahwa kita benar-benar bertanggungjawab ketika pemerintah mendorong peenggunaan TKDN," pungkasnya.

Meski TKDN terus digenjot, manajemen memastikan seluruh produknya tetap memiliki kualitas yang sangat baik.

Head of Marketing Epson Indonesia, Riswin Li mengatakan, penggunaan TKDN yang terus ditingkatkan sejalan dengan arahan pemerintah.

Adapun, aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 29 Tahun 2018 tentang Pemberdayaan Industri yang di dalamnya mengatur mengenai kebijakan Tingkat Komponen Dalam Negeri.

Juga, Undang-Undang (UU) Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian yang menyebutkan adanya kewajiban untuk menggunakan produk dalam negeri di setiap pengadaan barang/jasa.

Baca juga: Ekonomi-Politik Kondusif Pasca Pemilu, Epson Optimistis Penjualan Naik 10 Persen di 2024

"Imbauan ada dari Undang-undang tahun 2014 dan dilanjutkan di PP 2018. Itu objektif dari TKDN. Pada intinya adalah pemerintah ingin ekonomi Indonesia gimana caranya (meningkat) yaitu dengan mengkonsumsi produk dalam negeri atau yang dibutuhkan dalam negeri," ungkap Riswin dalam paparannya, Kamis (29/2/2024).

"Kalau semakin banyak produk yang dilakukan di dalam negeri maka akan meningkatkan perekonomian Indonesia, itu salah satu objektif dari TKDN," sambungnya.

Baca juga: Epson Catat Peningkatan Permintaan Proyektor dari Segmen Home

Nolly Dhanurendra mengatakan Epson Indonesia memiliki 2 pabrik yakni PT Indonesia Epson Industry dan PT Epson Batam.

"Tujuannya peningkatan TKDN adalah untuk memaksimalkan produksi dalam negeri dan juga mengurangi importasi, dan kita sebagai Epson punya 2 pabrik di Indonesia," ungkap Nolly.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat