androidvodic.com

Masuk Bursa Calon Menteri Keuangan, Kartika Wirjoatmodjo: Masih Terlalu Dini - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo angkat suara terkait kabar yang beredar. Di mana namanya masuk ke dalam bursa calon Menteri Keuangan di era Pemerintahan selanjutnya.

Pria yang akrab disapa Tiko ini mengungkapkan, wacana seperti ini masih terlalu dini untuk ditanggapi.

Ia sendiri juga mengaku belum mendapat tawaran untuk mengisi kursi jabatan yang dimaksud.

Baca juga: Wamen BUMN hingga Bos BNI Masuk Bursa Calon Menteri Keuangan, Erick Thohir: Figur yang Sangat Bagus

“Belum ada belum ada, terlalu dini. Masih terlalu dini (jadi Menteri Keuangan)" ucap Tiko singkat kepada awak media di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan, Jakarta, Senin (4/3/2024).

Diberitakan sebelumnya, beredar kabar yang menyebutkan terdapat sejumlah nama yang masuk ke dalam bursa calon Menteri Keuangan (Menkeu).

Nama-nama yang dimaksud ada 4, yakni Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara Kartika Wirjoatmodjo.

Kemudian Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Mahendra Siregar, dan Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (BNI) Royke Tumilaar.

Dua dari empat nama figur yang disebut, merupakan sosok yang berasal dari Kementerian BUMN maupun perusahaan BUMN.

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan, nama-nama calon yang disebutkan di atas disebut memiliki latar belakang yang baik.

Baca juga: Chatib Basri atau Erick Dinilai Bisa Gantikan Sri Mulyani Jika Mundur dari Menteri Keuangan

"Kayanya calonnya ada empat (berdasarkan kabar yang beredar). Pak Budi Menkes, Pak Tiko, Pak Mahendra, lalu Pak Royke ya figur-figur yang sangat bagus menurut saya," ucap Erick saat menghadiri acara ulang tahun Bank Tabungan Negara di kawasan Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (3/3/2024).

Meski nama-nama tersebut santer diberitakan, namun Erick enggan mengungkapkan siapa sosok yang dinilai sangat pas untuk mengisi kursi Menteri Keuangan.

"(Yang paling cocok) wah saya bukan posisinya untuk menilai itu, pasti ada otoritas yang lebih mengertikan, keempatnya bagus," pungkasnya.

Sebelumnya, Media asing, Bloomberg membocorkan nama yang diincar capres nomor urut 2 Prabowo Subianto untuk menjadi menteri keuangan di masa pemerintahannya mendatang.

Media AS mengungkap ada 4 sosok mantan pejabat bank yang dibidik Prabowo untuk peran Menkeu RI.

Bloomberg menyebut Sri Mulyani tidak akan lagi menjabat sebagai Menteri Keuangan dalam kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran.

Prabowo disebut sedang mempertimbangkan sejumlah tokoh yang berlatar belakang bankir, sebagai Menteri keuangan.

Prabowo disebut mencari teknokrat untuk mengamankan pendanaan negara, menjaga kewaspadaan fiskal, serta bisa memenuhi janji kampanyenya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat