androidvodic.com

Cara Daftar Mudik Gratis Lewat Aplikasi MitraDarat, 1 Akun Maksimal 4 Peserta - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Kementerian Perhubungan menyediakan mudik gratis angkutan Lebaran 2024 untuk 30.088 orang, pendaftaran dilakukan melalui aplikasi MitraDarat.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno mengatakan, satu akun yang terdaftar di aplikasi MitraDarat bisa digunakan maksimal untuk 4 orang.

"Untuk 1 akun pemesan tiket mudik gratis di MitraDarat dapat mendaftarkan maksimal sampai 4 peserta mudik dengan kota tujuan yang sama. Dan 1 akun hanya bisa melakukan pemesanan sebanyak 1 kali," kata Hendro dalam keterangannya, Rabu (6/3/2024).

Baca juga: Hari Ini Pendaftaran Mudik Gratis Angkutan Lebaran Kemenhub 2024 Dibuka, Berikut Syaratnya

Selain itu, Hendro menyampaikan bahwa setiap peserta mudik gratis diharapkan dalam keadaan sehat jasmani dan rohani pada saat keberangkatan arus mudik/balik.

"Peserta juga wajib datang minimal 1 jam sebelum jam keberangkatan," terangnya.

Adapun Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menyediakan mudik gratis bagi 30.088 orang yang terdiri dari 24.368 orang untuk arus mudik dan 5.720 orang untuk arus balik.

Pemberangkatan arus mudik dilakukan dua sesi yaitu pada Sabtu (6/4/2024) di Terminal Pulogebang Jakarta, Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan, dan Terminal Jatijajar Depok.

Kemudian pada Minggu (7/4/2024) yaitu melalui Terminal Kampung Rambutan Jakarta, Terminal Poris Plawad Tangerang dan Terminal W. A Gara Kalimantan Tengah.

Selain kuota mudik gratis untuk penumpang, Ditjen Hubdat juga menyediakan 900 unit kuota untuk pengangkutan motor dengan truk secara gratis.

Dari 900 kuota itu, terdiri dari 450 unit untuk arus mudik dan 450 unit arus balik.

Penyerahan sepeda motor untuk kegiatan arus mudik dilaksanakan pada hari Kamis (4/4/2024) di Terminal Tipe A Pondok Cabe Tangerang Selatan dan akan diberangkatkan pada hari Jumat (5/4/2024).

Cara daftar mudik gratis angkutan lebaran 2024 sebagai berikut:

  1. Calon pemudik mengunduh aplikasi Mitra Darat
  2. Login pada aplikasi dengan memasukan email/akun Google
  3. Input nomor telepon atau Whatsapp dan kode OTP
  4. Login berhasil dan muncul halaman utama aplikasi Mitra Darat
  5. Pilih tab "event" untuk melihat menu mudik gratis
  6. Pilih lokasi keberangkatan dan tujuan mudik
  7. Pilih armada bus yang sesuai
  8. Isi data diri dan diakhiri mengetuk tombol "selesaikan pemesanan"

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat