androidvodic.com

BAKTI Kominfo Pastikan 5 Titik di IKN Sudah Miliki Akses Internet - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan 5 titik di kawasan Ibu Kota Nusantara alias IKN, telah memiliki akses internet yang cukup memadai.

Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo, Fadhilah Mathar mengatakan, adapun 5 titik yang dibangun oleh pihaknya diantaranya Hunian Pekerja Konstruksi IKN, Hotel Nusantara IKN, hingga Sumbu Kebangsaan IKN.

Baca juga: Lebih dari 600 BTS Belum Terbangun, Mayoritas di Papua, Bos BAKTI Kominfo Ungkap Kendalanya

Pembangunan infrastruktur ini merupakan permintaan dari Otorita IKN.

"Untuk dukungan BAKTI di IKN kami beberapa waktu lalu ada permintaan dari Otorita untuk memberikan akses internet di 5 lokasi. Nah itu sudah selesai 5 lokasi," papar Fadhilah di Kantor Kominfo, Jakarta, (8/3/2024).

Ia melanjutkan, pembangunan infrastruktur di IKN ke depannya akan dimaksimalkan oleh swasta. Tentunya, termasuk juga pembangunan infrastruktur digital.

Adapun, salah satu perusahaan milik Elon Musk yakni Starlink, dikabarkan bakal turut membangun infrastruktur digital di IKN.

"IKN lebih banyak investasi swasta, makanya infrastruktur yang dibangun BAKTI itu kan hanya backup," papar Fadhilah.

"Apakah sekarang (Starlink) akan masuk ke IKN? Itu sudah ada di roadmap mungkin, dan saya tidak tahu tapi yang bisa saya sampaikan teknologi apapun itu opsi teknologi yang kita bisa manfaatkan dan kita cek apakah secara regulasi sudah memungkinkan," pungkasnya.

Baca juga: Elon Musk Bantah Tuduhan Ukraina soal Jual Terminal Starlink ke Rusia

Diketahui, sejumlah pekerjaan infrastruktur di IKN terus dikebut. Terlebih, Presiden Joko Widodo bakal melangsungkan upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia ke-79 di kota yang berada di Provinsi Kalimantan Timur ini.

Adapun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengecek lapangan upacara dan Istana Presiden di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Kamis, (29/2/ 2024).

Presiden memeriksa kesiapan pelaksanaan Upacara Peringatan ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024 mendatang yang rencananya akan dilakukan di IKN.

Menurut Presiden persiapan pelaksanaan upacara kemerdekaan di IKN tidak ada masalah di seluruh aspek infrastruktur. "Enggak ada masalah," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat