androidvodic.com

Mulai Panen Raya, Mentan: Pasokan Beras Bulan Maret Hingga Mei Aman - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menyatakan pasokan beras untuk bulan Maret, April, dan Mei 2024 dalam kondisi aman karena produksi mulai melimpah.

Dia meminta masyarakat tak khawatir akan kekurangan beras pada bulan Ramadhan dan Lebaran mendatang.

Dia merujuk pada data Badan Pusat Statistik (BPS) tentang panen raya petani yang berlangsung pada bulan Februari dan Maret tahun ini.

"Insyaallah sesuai dengan data BPS, kebutuhan beras kita untuk Maret, April, dan Mei dalam kondisi aman. Akan tetapi untuk kebutuhan bulan Juni kita bisa menghitung dari pertanaman sekarang (Maret)," kata Amran dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (10/3/2024).

Amran mengatakan, untuk mengamankan stok beras tiga bulan ke depan, sedikitnya pertanaman satu juta hektare harus disiapkan mulai dari sekarang.

Hitungan pertanamannya, Maret satu juta hektare, April satu juta hektare, dan Mei satu juta hektare.

"Kita harus menanam minimal satu juta hektare per bulan. Kalau satu juta hektare per bulan berarti produksinya bisa 3 juta sampai 3,5 juta ton. Sedangkan kebutuhan kita hanya 2,5 juta ton. Artinya beras kita surplus," ujar Amran.

Baca juga: Pemerintah Berlakukan Relaksasi HET Beras Premium Sementara Mulai 10 Hingga 23 Maret

Produksi yang melimpah pada tahun ini disebut akan memberi pengaruh besar pada penurunan harga beras di pasaran. Meski demikian, dia berharap penurunan harga tersebut tidak terjadi pada hasil panen raya gabah petani.

Baca juga: Panen Raya Padi, Jawa Barat Diprediksi Bisa Produksi 737 Ribu Ton Beras

"Maret harga beras pasti turun. Aku pastikan turun. Kalau ada yang bilang beras mahal, hari ini sudah turun. Aku pastikan turun dan Ramadan aman, Idul Fitri aman, lewat dua bulan Idul Fitri masih aman. Nah kalau mengatakan Juni, kita lihat tanam hari ini," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat