androidvodic.com

Hari Pertama Puasa, Harga Telur Ayam Makin Melonjak Jadi Rp 33.000 per Kg - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Harga telur ayam di hari pertama puasa di bulan Ramadan 2024 ini terpantau mengalami kenaikan.

Pantauan Tribunnews di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (12/3/2024), harga telur ayam mengalami kenaikan hingga Rp 33 ribu per kilogram (kg).

Salah seorang pedagang bernama Suemi mengungkap, melonjaknya harga komoditas satu ini sudah terjadi selama sebulan terakhir.

"Jualnya Rp 33 ribu per kg. Lagi naik (harganya). Sebelum puasa juga sudah naik sih. Ada sebulan ini naiknya," kata Suemi ketika ditemui di lokasi.

Baca juga: Harga Telur Ayam Kian Meroket Jelang Ramadan 2024, Hari Ini Dibanderol Rp 31.350/Kg

Ia mengatakan, rata-rata telur ayam di Pasar Minggu dibanderol Rp 32 ribu hingga Rp 33 ribu. Suemi pun memprediksi kenaikan ini masih akan terus berlanjut.

"Rata-rata Rp 32-33 ribu (harga telur ayam) kalau di Pasar Minggu. Kemungkinan naik lagi," ujarnya.

Sama halnya dengan Suemi, Asri mengungkap bahwa harga telur ayam memang tengah melonjak. Menurutnya, bulan puasa menjadi salah satu faktor yang berperan akan kenaikan harga ini.

Hari ini, ia menjual telur ayam seharga Rp 32 ribu per kg. Bulan lalu, ia masih bisa menjual lebih murah dari itu.

"Rp 32 ribu (harga telur ayam yang dijual). Bulan lalu masih bisa Rp 30 ribu ke bawah. Kayaknya naik soalnya puasa. (Lebaran) ini bakal naik lagi," kata Asri.

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi pernah menjelaskan alasan harga telur ayam belakangan ini sedang meningkat.

Menurut dia, unsur krusial pembentuk harga telur ayam ras terletak pada harga jagung pakan ternak di tingkat petani.

"Mengenai harga telur dan ayam hari ini, 50 persen lebih itu karena pakannya dari jagung pipilan kering," kata Arief dalam keterangannya, Kamis (7/3/2024).

Ia mengatakan, pada saat harga jagung pakan naik hingga Rp 9 ribu per kg pada bulan lalu, otomatis harga telur ayam juga naik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat