androidvodic.com

ASDP Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran Terjadi pada 6-7 April 2024 - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin memprediksi, puncak arus mudik angkutan Lebaran 2024 akan terjadi pada H-4 dan H-5 atau pada Sabtu-Minggu (6-7) April 2024 mendatang.

"Kami prediksi sih sebenarnya puncaknya mungkin akan terjadi hari Sabtu atau Minggu ya which is itu adalah sekitar tanggal 6 dan 7 April," kata Shelvy kepada Tribunnews, Rabu (13/3/2024).

Menurut Shelvy, pergerakan arus mudik bagi kendaraan roda dua maupun empat diprediksi akan mulai meningkat pada hari cuti bersama dimulai atau H-6 Lebaran Jumat 5 April 2024. Meskipun puncaknya akan terjadi di H-5 atau Sabtu 6 April.

Baca juga: Prediksi Puncak Arus Mudik 6 April, Garuda Indonesia Siapkan 1,4 Juta Kursi Untuk Periode Lebaran

"Kendaraan pengendara roda dua itu kan biasanya adalah karyawan apa buruh gitu ya, karyawan pabrik misalnya gitu nah mereka biasanya menunggu hari kerja terakhir nih which is biasanya Sabtu pagi gitu. Jadi Sabtu siangnya baru mereka biasanya rombongan akan menuju ke Merak gitu," ujar Shelvy.

"Sementara kalau mungkin yang karyawan kantoran karena mungkin sudah mengambil cuti lebih awal gitu ya biasanya mereka mungkin di Jumat sudah mulai jalan juga tapi mungkin puncaknya Sabtu," imbuhnya.

Adapun ASDP memproyeksikan, sebanyak 5,7 juta orang akan menyeberang dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni selama periode Angkutan Lebaran 2024. Jumlah itu naik 15 persen dari tahun 2023.

"Dari prediksi kami kalau dibandingkan dengan tahun 2023 memang juga diperkirakan adanya kenaikan sekitar 15 persen atau dari 5 juta menjadi 5,7 juta orang yang menyeberang," kata Shelvy.

Shelvy juga mengatakan bahwa dari sisi kendaraan turut mengalami kenaikan 14 persen dari tahun 2023 sebesar 1,2 juta unit menjadi 1,3 juta unit. Untuk mengangkut penumpang dan kendaraan ini, ASDP juga bakal mengoperasikan seluruh kapal yang dimiliki sebanyak 225 kapal untuk periode Lebaran 2024 ini.

"Kalau untuk jumlah kapal yang beroperasi sebenarnya kalau kapal ASDP saja ada sekitar 225 kapal ada 173 di miliknya ASDP ada juga 53 milik anak usahanya STP PT jembatan Nusantara. Jadi kalau dari kami sendiri kami menyiapkan seluruh kami untuk siap beroperasi pada musim lebaran ini," ungkapnya

Diketahui bahwa ASDP sudah membuka penjualan tiket online Ferizy sejak 60 hari sebelum hari keberangkatan, sehingga dengan melakukan reservasi perjalanan lebih awal maka perjalanan menjadi lebih terjamin, lebih aman, tidak perlu mengantre, dan pastinya lebih nyaman.

"Pastikan beli tiket online secara mandiri hanya di website Ferizy di trip.ferizy.com atau aplikasi Ferizy dan mitra resmi Ferizy. Mohon kerja sama pengguna jasa, jangan membeli tiket ketika baru menuju ke pelabuhan, dan hindari membeli tiket via calo di area pelabuhan, " jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat